Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2019, 19:06 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Alexei Leonov adalah orang pertama yang berjalan di luar angkasa. Kosmonot asal Rusia ini menorehkan sejarah tersebut pada 1965.

Pada waktu itu Alexei keluar dari pesawat luar angkasa dan melangkah ke luar pesawat selama 12 menit. Misi tersebut hampir saja berakhir tragis, karena pakaian khususnya menggelembung sehingga Alexei hampir tidak bisa masuk lagi ke dalam pesawat.

“Anda tidak bisa membayangkan itu. Hanya di luar angkasa sana Anda bisa melihat kemegahan dan besarnya tata surya yang mengelilingi kita,” tuturnya suatu kali.

Baca juga: Kisah Tegang Di Balik Sejarah Kosmonot Pertama yang Lakukan Spacewalk

Mengutip The Independent, Minggu (13/10/2019), Alexei meninggal dunia pada usia 85 tahun akibat sakit berkepanjangan. Ia akan dimakamkan pada bulan ini.

Selain menjadi orang pertama yang berjalan di luar angkasa, Alexei juga memimpin misi Soyuz-Apollo, yang 10 tahun kemudian menjadi misi luar angkasa pertama Rusia dan Amerika Serikat.

Alexei juga seharusnya menjadi orang Rusia pertama yang mendarat di luar angkasa. Namun sayangnya misi tersebut harus dibatalkan.

Pada masa tuanya, Alexei menjadi seorang penulis buku. Ia menulis beberapa buku sains dan biografi. Ia juga merupakan seorang pelukis, ada ratusan lukisan yang telah ia buat. Beberapa lukisan menjadi gambar kartu pos Rusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com