Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percobaan Nyeleneh, Kosmonot Rusia Tunggangi Penyedot Debu di Antariksa

Kompas.com - 24/01/2018, 10:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Menunggangi vacuum cleaner alias penyedot debu yang sedang menyala sepertinya hanya akan dilakukan anak kecil. Biasanya mereka melakukan hal itu dengan imajinasi terbang atau kuda-kudaan.

Namun bagaimana jika yang melakukan hal tersebut adalah orang dewasa? Mungkin terdengar konyol, tapi itulah yang dilakukan oleh astronot Rusia bernama Anton Shkaplerov.

Istimewanya lagi, dia tak melakukan ini di bumi, melainkan di stasiun luar angkasa internasional (ISS).

Perilaku uniknya ini dia abadikan dalam sebuah video yang diunggah dalam akun twitternya. Video berdurasi 23 detik tersebut menunjukkan bahwa astronot tersebut sedang "menunggangi" vacuum cleaner yang menyala.

Baca juga: Fidget Spinner Berputar Lebih Lama di Luar Angkasa, Ini Penjelasannya

"Banyak yang bertanya, benarkah kita bisa terbang di atas penyedot debu yang menyala di stasiun luar angkasa? Saya tidak bisa menjawab sesuatu yang belum saya coba. Dan sekarang selama Subbotnik (hari raya keagamaan di Rusia) saya berpikir bahwa... ini waktunya mencoba terbang dengan vacuum cleaner// Uji terbang dengan vacuum cleaner di ISS," kicaunya di twitter melalui akun @Anton_Astrey.

Dalam video yang tersebut Shkaplerov menggunakan lagu latar "I Believe I Can Fly". Pria ini seolah ingin menunjukkan bahwa dia sedang terbang menggunakan penyedot debu tersebut.

Di ISS, percobaan "nyleneh" semacam ini, bukanlah pertama kalinya terjadi.

Dilansir dari Newsweek, Senin (22/01/2018), astronot wanita bernama Karen Nyberg pernah membuat video tentang bagaimana keramas di luar angkasa pada 2013. Pada 2014, seorang astronot NASA berhasil menciptakan gelembung air raksasa di stasiun luar angkasa itu.

Pada 2012, astronot NASA bernama Don Pettit juga melakukan hal konyol dengan penyedot debu di luar angkasa. Pria ini membuat instrumen musik dengan bagian-bagian dari vacuum cleaner yang hasil suaranya mirip dengan alat musik Australia, didgeridoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com