Menkes Resmikan Undata Medical Centre, Fasilitas Kesehatan di Palu Makin Lengkap

Kompas.com - 10/10/2019, 19:04 WIB
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat meresmikan Undata Medical Center di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/10/2019). Menteri Kesehatan Nila F Moeloek saat meresmikan Undata Medical Center di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/10/2019).

PALU, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek hari ini meresmikan Undata Medical Centre di Palu, Sulawesi Tengah.

Pusat pelayanan kesehatan ini merupakan bagian dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata. Rumah sakit ini merupakan RS tipe B yang menjadi rujukan utama di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Provinsi Sulawesi Tengah punya dua RSUD, Undata dan Madani. RSUD Undata menempati lokasi baru ini sejak 2015, dengan bangunan tahan gempa," tutur Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, dr Reny A Lamadjido, Sp.PK., M.Kes saat peresmian Undata Medical Center, Palu, Kamis (10/10/2019).

Dua gedung baru Undata Medical Center berlokasi di bagian belakang RSUD Undata. Kedua bangunan terdiri dari empat lantai. Pada Gedung A, lantai 1 mencakup Instalasi Rehabilitasi Medik sementara lantai 2 dan 3 merupakan tempat rawat inap.

"Lantai empat di Gedung A untuk endoskopi," tambah dr Reny.

Baca juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Menkes: Jangan Didik Anak Jadi Brutal

Sementara itu, lanjutnya, Gedung B mencakup fasilitas angiografi (prosedur katerisasi jantung) dan ruang bedah.

“Ini juga merupakan fasilitas baru. Kami melatih dokter-dokter spesialis jantung, dan dengan adanya angiografi ini, warga Palu diharapkan bisa operasi jantung di sini saja. Kalau di Jakarta, butuh antre tiga bulan untuk operasi di RS Harapan Kita,” lanjut dr Reny.

Hal itu ditanggapi positif oleh Menkes. Ia mengatakan, dokter spesialis jantung sangat dibutuhkan terutama di daerah-daerah rawan bencana.

"Saya rasa ini sangat bagus, jadi di Palu pun sudah bisa melakukan operasi jantung," tutur Menkes.

Undata Medical Center di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/10/2019) diresmikan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek. Undata Medical Center di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (10/10/2019) diresmikan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Dana Alokasi Khusus

dr Reny mengatakan, pembangunan Undata Medical Centre menggunakan dana alokasi khusus dari Kementerian Kesehatan.

"Kami mendapatkan dana alokasi khusus selama tiga tahun berturut-turut. Pada tahun pertama alokasi dana sebesar Rp 82 miliar," paparnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X