Infeksi Saluran Kemih, Kenali Gejala hingga Pengobatannya

Kompas.com - 08/10/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi buang air kecil ShutterstockIlustrasi buang air kecil

KOMPAS.com – Meninggalnya bayi kembar pasangan artis Irish Bella dan Ammar Zonni menuai ucapan duka dari warganet. Sebelumnya, Irish Bella sempat diduga mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) yang menyebabkan bayi kembarnya meninggal dunia.

Dokter yang menangani Irish Bella menekankan bahwa ISK bukanlah penyebab meninggalnya bayi kembar pasangan tersebut. Meski begitu, ISK mengintai semua orang terutama ibu hamil karena daya tahan tubuh yang minim.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Kandungan dan Kebidanan) dr Boy Abidin Sp.OG(K).

“ISK pada ibu hamil berkaitan dengan prematuritas. Infeksi akan memacu timbulnya oksitosin, sehingga rahim akan berkontraksi. Dengan adanya ISK, akan terjadi kontraksi sebelum waktunya,” tutur dr Boy kepada Kompas.com, Selasa (8/10/2019).

Baca juga: Toilet Umum Tularkan Infeksi Saluran Kemih, Mitos atau Fakta?

Oleh karena itu, ibu hamil harus lebih waspada terhadap ISK dan infeksi-infeksi lainnya seperti vagina (keputihan).

Gejala

dr Boy menyebutkan, gejala ISK mencakup buang air kecil yang tidak bisa ditahan sampai demam dan mual.

“Gejalanya jika pipis tidak bisa ditahan, anyang-anyangan, pipis tidak tuntas, nyeri saat buang air kecil, sakit pinggang, demam, dan mual,” tuturnya.

Jika mengalami gejala seperti ini, ibu hamil harus segera memeriksakan kondisi ke dokter. Namun, dr Boy menyebutkan, ada pula orang yang tidak merasakan gejala ini sama sekali.

“Tidak semua orang memiliki gejala (ISK). Oleh karena itu pada awal kehamilan, harus melakukan screening apakah ada infeksi atau tidak,” tambahnya.

Penyebab

Situs Hellosehat menyebutkan, penyebab paling umum dari ISK adalah Escherichia coli (E.coli) yang ada di kulit atau dekat anus. Bakteri ini dapat masuk ke saluran kencing dan berpindah ke tempat lain.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X