Rahasia Tardigrade Makhluk Paling Tangguh di Bumi Terungkap

Kompas.com - 03/10/2019, 20:07 WIB
Tardigrade alias beruang air. Tardigrade alias beruang air.

KOMPAS.com - Dunia ilmiah sudah lama terkagum-kagum dengan ketangguhan tardigrade. Hewan mini ini diketahui mampu bertahan hidup meski telah mendapat radiasi, tekanan atau dingin ekstrem

Bahkan, sebuah penelitian pada tahun 2017 di jurnal Scientific Reports mengungkapkan bahwa hantaman asteroid, ledakan supernova hingga ledakan radiasi gamma antar bintang pun tak mampu membunuh seekor tardigrade.

Namun, bagaimana tardigrade bisa setangguh itu?

Sekelompok peneliti dair University of California (UC) San Diego mengungkap bahwa rahasianya ada pada cara kerja sebuah protein yang ditemukan pada makhluk ini.

Untuk diketahui, protein tersebut sudah ditemukan sebelum penelitian ini dirilis dan diketahui dapat melindungi tardigrade dari sinar X yang berbahaya. Namun, bagaimana protein ini bekerja dan melindungi masih menjadi teka-teki.