Penyebab Kebocoran di ISS Diketahui, tapi Rusia Pilih Tutup Mulut

Kompas.com - 24/09/2019, 19:00 WIB
Foto yang dirilis NASA pada November 2018, memperlihatkan stasiun luar angkasa internasional yang mengorbit Bumi, ISS. AFP PHOTO / HANDOUT / NASAFoto yang dirilis NASA pada November 2018, memperlihatkan stasiun luar angkasa internasional yang mengorbit Bumi, ISS.

KOMPAS.com - Kebocoran di Stasiun Luar Angkasa Internasional ( ISS) pada Agustus 2018 menggemparkan dunia. Kebocoran itu terjadi di modul Soyuz milik Rusia.

Ahli menemukan lubang sebesar dua milimeter pada dinding modul Soyuz sehingga harus ditambal dengan plester tahan panas dan lapisan resin.

Saat itu, NASA dan badan antariksa Rusia ( Roscosmos) memilih bungkam dan tidak mau berkomentar.

Setahun berlalu, Rusia mengaku sudah mengetahui penyebab kebocoran pada modul Soyuz mereka. Namun, mereka bersikukuh untuk diam dan berniat merahasiakannya.

Baca juga: NASA dan Rusia Sepakat Bungkam Soal Kebocoran di ISS

"Kami tidak akan memberitahukan (informasi) apapun," tegas kepala Roscosmos Dmitry Rogozin.

Dilansir Newsweek, Senin (23/9/2019), kebocoran pada modul Soyuz mengakibatkan penurunan tekanan. Beruntung, kejadian ini tidak menimbulkan ancaman bagi para astronot di ISS.

Sejak kejadian itu, banyak dugaan tentang penyebab kebocoran.

Rogozin awalnya berkata, kebocoran mungkin disebabkan oleh meteorit kecil. Namun tak lama kemudian, pihaknya mengatakan bahwa kebocoran disebabkan oleh tangan jahil astronot.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Rusia, Tass, Rogozin mengaku masih mempertimbangkan semua kemungkinan penyebab kebocoran Soyuz.

"Teori kebocoran disebabkan meteorit telah kami coret karena ini jelas disebabkan dari dalam. Namun terlalu dini untuk mengatakan apa yang sebenarnya terjadi. Ada kemungkinan ini dibuat tangan manusia, mungkin kesalahan teknologi, karena ada jejak bor di sepanjang permukaan. Kami tak menolak teori apapun," ungkap Rogozin setahun lalu.

Rabu (18/9/2019), untuk pertama kalinya Rogizin mengungkap bahwa pihaknya sudah mengetahui penyebab kebocoran Soyuz.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Newsweek
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X