Kompas.com - 19/09/2019, 14:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengesahkan Revisi Undang-undang tentang Perkawinan. DPR dan pemerintah menyepakati perubahan Pasal 7 Ayat 1 dalam RUU tentang Perkawinan terkait ketentuan batas usia menikah laki-laki dan perempuan.

Dengan begitu, batas usia menikah menjadi 19 tahun baik untuk laki-laki maupun perempuan.

Psikolog Anak dan Keluarga Astrid WEN menyambut baik pengesahan RUU ini.

“Ini perlu disyukuri, sebetulnya ini perjuangan yang cukup lama. Awalnya usia minimal untuk perempuan 16 tahun, sekarang menjadi 19 tahun. Baik laki-laki maupun perempuan juga sudah memiliki KTP, sehingga terlihat jelas, legalitas sebagai warga negara sudah ada,” tutur Astrid kepada Kompas.com, Kamis (14/9/2019).

Baca juga: Bagaimana Pernikahan Ubah Kesehatan Fisik dan Mental, Menurut Sains

Psikolog itu menilai, 19 tahun adalah waktu yang cukup bagi laki-laki maupun perempuan untuk memasuki fase pernikahan. Meski menurutnya, ada beberapa hal yang perlu disiapkan termasuk oleh keluarga masing-masing pihak.

“Pada usia 19 tahun berarti mereka (pasangan) diharapkan sudah lulus dari SMK. Sebenarnya sudah dianggap dewasa dan matang dari tiga sisi yaitu finansial, fisik, dan emosional,” paparnya.

Soal finansial, lanjut Astrid, pihak laki-laki diharapkan sudah lulus SMK dan mulai bekerja.

“Setidaknya ia sudah punya pendapatan untuk makan sendiri, syukur-syukur kalau bisa tinggal mandiri. Tidak perlu langsung beli rumah. Kos atau kontrak rumah misalnya,” papar Astrid.

Baca juga: Peneliti Sebut Pernikahan Bahagia Bikin Anda Tetap Langsing

Soal fisik, lanjut ia, kedua belah pihak bisa secara mandiri mengelola tubuh mereka. Sementara soal emosional, kedua belah pihak diharapkan sudah matang dan cukup dewasa.

“Konsep dirinya tidak rendah, tidak melulu menyalahkan orang lain, sudah bisa bertanggungjawab sendiri. Berani menerima masukan dan kritik secara profesional,” tutur Astrid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.