Schadenfreude, Perasaan Senang Lihat Orang Lain Susah

Kompas.com - 18/09/2019, 13:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

Oleh Shensheng Wang


DALAM film animasi keluaran Pixar Inside Out, hampir sebagian besar kisahnya terjadi di dalam kepala tokoh utama Riley, yang perilakunya dikendalikan oleh lima emosi: Kegembiraan, Kesedihan, Ketakutan, Kejijikan, dan Kemarahan.

Film tersebut mendapat sambutan positif. Namun sutradara Pete Docter mengakui bahwa ia menyesal tidak memasukkan satu emosi lagi: Schadenfreude.

Schadenfreude adalah istilah bahasa Jerman yang secara harafiah berarti “sakit bahagia” dan mengacu pada rasa senang yang dirasakan karena melihat orang lain susah.

Kita bisa jadi merasakannya saat seorang selebriti ternama karirnya mundur, saat seorang penjahat bengis dijebloskan ke penjara, atau saat tim sepak bola musuh kalah.

Ahli psikologi telah lama kesulitan dalam memahami, menjelaskan, dan mempelajari emosi ini: Emosi ini muncul dalam begitu banyak ragam situasi sehingga sulit dicari satu kerangka yang melatarinya. Saya dan rekan-rekan saya berusaha meneliti ini.

Ragam rupa Schadenfreude

Satu tantangan yang selalu dihadapi peneliti tentang schadenfreude: Tidak ada definisi yang disepakati bersama.

Beberapa peneliti beranggapan cara paling baik adalah meneliti emosi ini dalam konteks perbandingan sosial, sehingga mereka cenderung fokus pada interaksi rasa iri dan dengki dengan schadenfreude.

Peneliti lain melihat emosi ini dalam sudut pandang keadilan dan kesetaraan, dan apakah si penderita layak mengalami kesusahan.

Ada juga kelompok yang menganggap schadenfreude berasal dari dinamika antarkelompok - anggota kelompok memperoleh rasa senang dari kesusahan yang dirasakan orang di luar kelompok.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X