Kompas.com - 17/09/2019, 18:07 WIB
Black beaked whale Hal Sato/Science ReportsBlack beaked whale

KOMPAS.comPaus spesies baru ditemukan di lautan Jepang. Ini adalah salah satu spesies beaked whale (paus berparuh) yang sebelumnya kerap ditemukan di Samudera Pasifik.

Sebelumnya, para pelaut Jepang tidak mengetahui bahwa paus ini merupakan spesies baru. Paus spesies ini memiliki warna lebih gelap dan ukuran tubuh lebih kecil dibanding beaked whale biasa.

Oleh karena spesifikasi tubuhnya, spesies paus ini dinamakan black beaked whale atau bahasa latinnya Berardius minimus.

Black beaked whale lebih menyukai lautan dalam seperti samudera, sehingga perilakunya tidak pernah didokumentasikan dengan baik. Spesies baru ini pertama kali diperkenalkan dalam jurnal Scientific Reports, dirangkum oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Takashi Matsuishi dari Hokkaido University.