Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spesies Baru Paus Ditemukan di Lautan Jepang

KOMPAS.com – Paus spesies baru ditemukan di lautan Jepang. Ini adalah salah satu spesies beaked whale (paus berparuh) yang sebelumnya kerap ditemukan di Samudera Pasifik.

Sebelumnya, para pelaut Jepang tidak mengetahui bahwa paus ini merupakan spesies baru. Paus spesies ini memiliki warna lebih gelap dan ukuran tubuh lebih kecil dibanding beaked whale biasa.

Oleh karena spesifikasi tubuhnya, spesies paus ini dinamakan black beaked whale atau bahasa latinnya Berardius minimus.

Black beaked whale lebih menyukai lautan dalam seperti samudera, sehingga perilakunya tidak pernah didokumentasikan dengan baik. Spesies baru ini pertama kali diperkenalkan dalam jurnal Scientific Reports, dirangkum oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Prof Takashi Matsuishi dari Hokkaido University.

Tim peneliti tersebut mengumpulkan enam beaked whale yang terdampar di pesisir Laut Okhotsk.

“Hanya dengan melihat, kami bisa mengatakan bahwa mereka (black beaked whale) memiliki tubuh yang lebih kecil, paruh yang lebih kecil, dan warna yang lebih gelap dibanding spesies Berardius pada umumnya,” tutur salah satu anggota tim peneliti, Tadasu Yamada dari National Museum of Nature and Science.

Meski begitu, Prof Matsuishi mengatakan, masih banyak hal yang belum diketahui dari spesies baru ini.

“Kami belum tahu bagaimana rupa spesies betinanya, dan masih banyak pertanyaan lainnya. Kami berharap untuk mengetahuinya lebih cepat,” tuturnya seperti dikutip dari The Independent, Selasa (17/9/2019).

Sementara itu, para pelaut Jepang kerap menyebutkan sebutan “Karasu” (crows) saat melihat spesies laut yang langka itu. Belum diketahui apakah Karasu merupakan spesies yang sama dengan black beaked whale.

https://sains.kompas.com/read/2019/09/17/180700723/spesies-baru-paus-ditemukan-di-lautan-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke