Teleskop Hubble Tangkap Potret Terbaru Saturnus, Ternyata Seindah Ini

Kompas.com - 13/09/2019, 20:08 WIB
Potret terbaru Planet Saturnus dari teleskop Hubble (NASA/ESA, A. Simon/GSFC/M.H. Wong/University of California, Berkeley/OPAL Team)Potret terbaru Planet Saturnus dari teleskop Hubble

KOMPAS.com – Teleskop antariksa Hubble memotret gambar terbaru dari Planet Saturnus. Gambar ini tampak sangat jelas dan nyata, juga begitu indah.

Planet bercincin ini dipotret ketika berada dalam radius terdekat dengan bumi, yaitu 1,36 miliar kilometer pada 20 Juni 2019 lalu. Gambar ini ditangkap oleh Wide Field Camera 3 (WCF3) milik Hubble.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Bukan Air, Hujan di Jupiter dan Saturnus Berupa Berlian

Foto Saturnus ini diambil sebagai bagian dari program Outer Planet Atmospheres Legacy (OPAL). Program ini bertujuan untuk mengakumulasi gambar-gambar planet raksasa berbahan gas dalam Tata Surya, untuk kemudian digunakan sebagai studi seputar atmosfer.

Planet Saturnus(NASA/ESA/ A. Simon/GSFC/OPAL/J. DePasquale/STScI) Planet Saturnus

Mengutip Science Alert, Jumat (13/9/2019), ini adalah foto Saturnus pada tahun kedua OPAL berlangsung.

Planet Saturnus selalu tampak tenang, tampak sama sekali tidak ada gerakan. Namun jika kita melihat lebih dekat, permukaan planet ini juga dipenuhi oleh “badai” gas layaknya Jupiter.

Dari hasil gambar yang diambil teleskop Hubble, kini diketahui bahwa badai besar yang kerap muncul pada bagian utara Saturnus telah tiada. Badai-badai kecil memenuhi beberapa permukaan planet ini.

Saturnus(NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute.) Saturnus

Namun, badai besar yang terdapat pada bagian selatan Saturnus masih ada. Badai tersebut pertama kali dilihat oleh pesawat antariksa Voyager 1 pada 1981.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X