Spesies Baru Ikan Lele Ditemukan di Sungai Mahakam

Kompas.com - 05/09/2019, 12:09 WIB
Ilustrasi peternak ikan lele KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTAIlustrasi peternak ikan lele

KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menemukan spesies baru ikan air tawar berjenis lele di Hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Bernama latin Leiocassis rudicula, penemuan ini merupakan kolaborasi penelitian mendiang Renny Kurnia Hadiaty, peneliti pusat penelitian Biologi LIPI, dan Ng Hoek Hee dari Natural History Museum Singapura.

Peneliti LIPI, Ilham Vemandra Utama, mewakili peneliti utama sebelumnya membantu menjawab perihal penemuan spesies terbaru ini.

Leiocassis rudicula ini merupakan jenis ikan lele-lelean anggota ketujuh genus Leiocassis dari family Bagridae.

Baca juga: Mahasiswa UGM Kembangkan Obat Luka Diabetes dari Lendir Ikan Lele

Habitatnya hidup di sungai berarus deras dan jernih dengan substrat pasir atau kerikil. Dijelaskan Ilham bahwa dimaksud sejenis lele-lelean atau catfish yang luas spesiesnya.

"Kayak jenis lele atau baung (yang) orang umum sebut(kan) biasanya, makanya kami sampaikan ikan lele-lelean itu. Sebenarnya ikan ini masih dalam kelompok lele, lele yang umum kita kenal, atau masih berkerabat, meskipun sudah berbeda tingkat famili," tutur Ilham.

Mengenai nama lokal dari spesies yang baru diidentifikasi ini, LIPI belum mengetahui nama lokal atau panggilan masyarakat daerah tersebut terhadap ikan ini. Sehingga dalam publikasinya, belum disebutkan nama lokal spesies ini.

Dikatakan Ilham bahwa penemuan Leiocassis rudicula ini sendiri dimulai dari eksplorasi para peneliti berdasarkan tahun 2008, 2009, 2010.

"Memang sebenarnya sudah cukup lama penelitiannya sendiri, tapi ikan ini bukan ikan purba, dalam ranah ilmiah. Warga lokal mungkin tahu dengan ikan yang dimaksud itu, tapi secara ilmiah baru ditemukan, dieksplorasi, dan disebut spesies baru," jelas Ilham.