Selain Weling yang Gigit Satpam di Serpong, Ada 2 Ular Bungarus Lain yang Berbisa

Kompas.com - 24/08/2019, 18:31 WIB
Bungarus candidus atau weling Wikimedia CommonsBungarus candidus atau weling

KOMPAS.com - Ular yang menggigit satpam di Gading Serpong hingga tewas diketahui berjenis weling.

Weling yang bernama ilmiah Bungarus candidus ini merupakan anggota dari marga Bungarus.

Menurut Amir Hamidy, peneliti reptil dan amfibi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), weling hanya satu di antara tiga ular Bungarus di Indonesia. Masih ada welang dan weling kepala merah yang tidak kalah berbisa.

"Ada tiga jenis marga Bungarus di Indonesia. Semua jenis dari marga Bungarus itu berbisa sangat tinggi," ujarnya ketika dihubungi via telepon pada hari Sabtu (24/8/2019)

Bisa dari ular Bungarus memiliki karakter bisa neurotoxin atau menyerang syaraf yang bisa menyebabkan menghentikan kerja syaraf pernapasan.

Baca juga: Satpam Tewas Digigit Ular Weling, Apa Bedanya Weling dengan Welang?

1. Weling atau Bungarus candidus

Weling ditandai dengan ciri belang hitam putih hanya apda bagian punggung, sementar aperutnya putih; ujung ekor yang lancip dan tidak adanya tanda V terbalik di kepala.

Weling bisa ditemukan di sawah atau area yang dekat dengan pemukiman manusia. Spesies ini bisa ditemukan di Sumatra, Jawa dan Bali.

2. Welang atau Bungarus fasciatus

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X