Cegah Lansia Jadi Korban Penipuan, Polisi Jepang Kerahkan Anjing

Kompas.com - 13/08/2019, 04:42 WIB
Anjing bersama pemiliknya menyebarkan pesan anti penipuan pada lansia di Jepang Japan TimesAnjing bersama pemiliknya menyebarkan pesan anti penipuan pada lansia di Jepang

KOMPAS.com – Kepolisian Tokyo, Jepang memanfaatkan anjing-anjing untuk menyampaikan pesan anti penipuan bagi masyarakat, khususnya para lansia.

Senin (12/8/2019), sekitar 20 anjing peliharaan berjalan menyusuri jalan-jalan di Shinagawa, bersama masing-masing pemiliknya.

Dilansir dari Japan Times, binatang yang dikenal sebagai sahabat baik manusia itu tidak sekadar berjalan, mereka membawa misi untuk membantu warga yang sudah lanjut usia agar terhindar dari penipuan menggunakan telepon genggam.

Hari ini, banyak pelaku penipuan yang menggunakan modus mengaku-aku sebagai saudara yang sedang tertimpa musibah, menghubungi kontak tertentu dan meminta sejumlah uang dengan nada tergesa-gesa.

Anjing-anjing itu pun mengenakan kostum khusus yang bertuliskan pesan seruan pada para orang tua untuk tidak sembarangan menjawab telepon, terlebih panggilan yang datang dari nomor mencurigakan.

Bukan anjingnya yang berbicara, namun para pemilik akan mengajak serta peliharaannya mendekat pada tiap lansia yang mereka temui. Kemudian, menyampaikan pesan yang menjadi tujuan dari kegiatannya.

Baca juga: 6 Tipe Bunyi yang Dikeluarkan Anjing dan Artinya

Mereka melakukan ini atas permintaan Kantor Polisi Ebara. Tak hanya itu, pemilik anjing ini juga ditugaskan untuk mengedukasi para lansia untuk berhati-hati dalam menggunakan ATM.

“Kami juga meminta pemilik anjing untuk berbicara dengan orang tua jika mereka mencoba menggunakan ATM," ujar Kepala Kantor Polisi Ebara Yoshinaga Igarashi.

Menurut salah satu peserta dalam kegiatan ini, Tetsuya Suzuki (58), membawa anjing memudahkannya untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain yang belum ia kenal.

"Lebih mudah mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan orang lain ketika Anda berjalan-jalan dengan anjing. Aku akan mencoba berbicara dengan orang tua sebanyak yang aku bisa," ujarnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X