19 Juta Tahun Lalu, Hidup Burung Beo Sepinggang Orang Dewasa

Kompas.com - 08/08/2019, 07:51 WIB
Burung beo raksasa tingginya semeter atau sepinggang orang dewasa hidup di Selandia Baru, 19 juta tahun lalu. Burung beo raksasa tingginya semeter atau sepinggang orang dewasa hidup di Selandia Baru, 19 juta tahun lalu.

KOMPAS.com - 19 juta tahun lalu, ukuran burung beo tidak sekecil sekarang. Tinggi mereka bisa mencapai satu meter atau sekitar pinggang orang dewasa.

Fakta ini pun baru diketahui para ahli, ketika mereka menemukan fosil burung beo purba di St Bathans, Central Otago, Selandia Baru yang terkenal akan fosil burung dan binatang Miosen.

Kalau dilihat dari ukuran tinggi tubuh, burung beo purba ini memiliki tinggi dua kali lipat burung kakapo purba. Burung kakapo merupakan ikon burung nuri dari Selandia Baru yang sebelumnya dikenal sebagai burung terbesar dan tergemuk.

Oleh para ahli burung beo raksasa ini dinama Heracles inexpectatus. Nama ini diambil dari tokoh pahlawan mitologi Yunani, Heracles atau kita lebih kenal dengan nama Herkules, karena ukuran dan kekuatannya yang menakjubkan.

Baca juga: Tulang Paha Dinosaurus Raksasa Ditemukan, Beratnya 500 Kg

H. inexpectatus memiliki paruh raksasa yang dapat memecahkan semua benda.

Selain itu, Heracles memiliki bobot tubuh tujuh kilogram atau setara berat bola bowling. Jika dibandingkan dengan Kakapo, berat Kakapo paling maksimal 4 kilogram.

Karena ukuran tubuhnya yang sangat berat, ahli menduga burung ini tidak bisa terbang di masa lalu. Sebaliknya, mereka hanya mencari makan di dalam hutan.

"Selandia Baru terkenal dengan burung-burung raksasa. Sebelumnya ditemukan spesias moa yang tingginya 3,6 meter dan seekor penguin yang lebih tinggi dibanding manusia. Selain itu juga pernah ditemukan angsa dan elang raksasa," ujar Trevor Worthy dari Flinders University dalam sebuah pernyataan seperti dilansir IFL Science, Rabu (7/8/2019).

"Namun, hingga kini tak ada yang pernah menemukan burung beo purba, di manapun," imbuh dia.

Perbandingan ukuran burung purba dengan manusia dewasa. Perbandingan ukuran burung purba dengan manusia dewasa.

Dalam penjelasan di jurnal Biology Letters, para ahli mengatakan fosil ini mewakili genus baru dan mengungkap contoh mencolok dari evolusi burung raksasa menjadi burung modern.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X