Sering Lupa? Begini Cara Mudah Meningkatkan Ingatan Anda

Kompas.com - 06/08/2019, 12:22 WIB
Ilustrasi lupa Ilustrasi lupa

KOMPAS.com - Penulis dan akademisi Lynne Kelly, yang memenangi lebih dari 60 kategori di Kejuaraan Memori Australia pada tahun 2017 dan 2018 mengatakan, ia adalah bukti nyata bahwa ingatan bisa ditingkatkan.

"Saya memiliki ingatan yang benar-benar buruk," kata Dr. Kelly, yang tinggal di Castlemaine, negara bagian Victoria, Australia.

Setelah berjuang untuk belajar bahasa di sekolah, ia kaget bahwa sebagai orang dewasa ia bisa belajar dan mempertahankan kemampuan bahasa Perancis dan Mandarin.

"Saya tahu semua teknik ini dan siap digunakan kapanpun," kata Dr. Kelly.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Ya Kita Bisa Ingat Wajah tapi Lupa Nama?

Ia mengatakan, permainan seperti Sudoku hanya meningkatkan kemampuan orang untuk bermain Sudoku dan menjadi sangat berulang.

"Kenapa tidak menghafal sesuatu yang bermanfaat?" kata Dr Kelly.

Sebaliknya, ia terpesona oleh kemampuan budaya kuno untuk menyimpan sejumlah besar informasi tentang tumbuhan dan hewan menggunakan metode memori.

Dalam bukunya Memory Craft, Dr Kelly mengeksplorasi berbagai teknik termasuk menggunakan lanskap dan perangkat fisik genggam untuk membantu menghafal informasi.

"Pada dasarnya Anda mengingat lokasi demi lokasi fisik dan mengaitkan informasi dengan hal itu," kata Dr. Kelly.

" Otak anda akan mengaitkan lokasi fisik dengan informasi tersebut. Itu disebut snapshot temporal (potret sementara)."

Miniatur istana memori

Ketika Dr Kelly pertama kali menemukan perangkat memori yang terbuat dari kayu dengan manik-manik, kerang, batu, dan benda-benda lain yang dipaku dengan hati-hati, ia pikir itu adalah "sampah", sampai ia membuatnya sendiri.

Perangkat kayu portabel atau Lukasa ini berperan sebagai lanskap miniatur atau 'istana memori' dengan masing-masing manik bertindak sebagai lokasi di lanskap tersebut.

 Lukasa dulunya digunakan sebagai alat pengingat portable. Lukasa dulunya digunakan sebagai alat pengingat portable.

"Setiap manik terkait dengan sebuah cerita yang mengkodekan lebih banyak informasi, kemudian semakin banyak pengetahuan yang kompleks dibangun di atasnya," kata Dr. Kelly.

"Otak anda akan melihat sesuatu untuk menautkan manik ke informasi yang anda kodekan."

Setelah digunakan oleh masyarakat Luba dari Republik Demokratik Kongo (DRC), perangkat itu berisi informasi historis termasuk urutan upacara yang digunakan dalam menyanyi, menari dan menampilkan tradisi.

"Saya mulai mengkodekan panduan lapangan dari sekitar 400 burung asal Victoria, dan mengejutkan saya betapa efektifnya metode itu," kata Dr. Kelly.

Penemuan awal ini membuatnya belajar tentang banyak perangkat memori serupa di seluruh budaya lokal lainnya.

Mengingat kenangan penting

Peneliti dan pengajar bernama Alice Steel menjalankan sejumlah lokakarya berdasarkan ide-ide Dr Kelly.

Wakil direktur The Orality Center, sebuah organisasi yang meneliti sistem memori, ini terinspirasi setelah membaca Memory Craft.

Salah satu harta paling berharga yang dimilikinya adalah 'hitungan musim dingin' pribadi yang menceritakan kisah 37 tahun hidupnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X