Dari Dalam Telur, Bayi Burung Terbukti Bisa Berkomunikasi Satu Sama Lain

Kompas.com - 24/07/2019, 10:04 WIB
Cangkang telur ayam memiliki warna berbeda yang didapat dari gennya. Cangkang telur ayam memiliki warna berbeda yang didapat dari gennya.

KOMPAS.com – Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Nature Ecology & Evolution baru saja mengungkapkan hal yang mengejutkan. Bayi burung rupanya bisa berkomunikasi satu sama lain dari dalam telur.

Para peneliti menemukan hal ini setelah bereksperimen menggunakan telur burung laut berkaki kuning (Larus michahellis).

Mereka mengumpulkan telur-telur ini dari sebuah koloni di Pulau Salvora, Spanyol lalu membaginya menjadi enam kelompok, yaitu tiga grup eksperimen dan grup kontrol.

Empat kali dalam sehari, para peneliti mengambil dua telur yang sama dari ketiga grup eksperimen dan meletakkan mereka di sebuah kotak kedap suara. Di dalam kotak itu, para peneliti juga memutarkan bunyi predator alami burung laut kaki kuning di Pulau Salvora, yaitu mink.

Sementara itu, dua telur yang sama dari ketiga grup kontrol juga diletakkan dalam kotak kedap suara. Namun, tidak ada bunyi yang diputar bagi telur-telur ini.