Viral Fenomena Merusak Makanan di Supermarket, Ini Penjelasan Psikolog

Kompas.com - 23/07/2019, 18:30 WIB
Viral, video merusak makanan di supermarket yang beredar di media sosial pada Minggu (21/7/2019). Twitter: @masiiduppViral, video merusak makanan di supermarket yang beredar di media sosial pada Minggu (21/7/2019).

KOMPAS.com - Kegiatan merusak atau mengacak-acak makanan tanpa membeli di minimarket sepertinya menjadi fenomena di Indonesia. Pekan ini, sebuah video yang diunggah di beberapa media sosial menunjukkan fenomena tersebut kembali terjadi.

Dalam video berdurasi 12 detik itu, terlihat sekelompok remaja merusak mi instan dengan cara meremas dan meremukkan mi menggunakan kedua tangan. Mereka juga merusak tumpukan yang telah tersusun rapi.

Video itu diunggah oleh salah satu pengguna Twitter @masiidupp pada Minggu (21/7/2019). Sontak, twit ini mendapat respons sebanyak 13.047 kali di-retweet dan disukai sebanyak 10.476 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Sebelumnya, tersiar juga video sekelompok perempuan mengacak-acak barang dagangan di suatu minimarket di Makassar pada Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Kenapa Sih Makanan Kekinian yang Tinggi Kalori Itu Rasanya Enak?

Tidak hanya mengacak-acak barang dagangan, terlihat juga salah seorang perempuan menempelkan bibirnya pada kemasan durian yang diambilnya dari lemari es.

Menyikapi tindakan tidak terpuji itu, seorang psikolog asal Solo, Jawa Tengah, Hening Widyastuti menyampaikan bahwa perilaku merusak makanan, bahkan mengacak-acak makanan yang sengaja direkam dalam video tergolong fenomena kenakalan remaja.

"Ya (termasuk kenakalan remaja), yang seharusnya tidak perlu ada. Motif sengaja dan cari sensasi," ujar Hening saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (23/7/2019).

Menurutnya, perilaku merusak makanan itu dilakukan karena adanya perubahan psikis pada usia remaja.

"Ciri perubahan psikis ditandai dengan jiwanya masih labil, gelisah suka buat perhatian orang lain, bingung dengan jati dirinya dan sedang mencari identitas diri," ujar Hening.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X