Kompas.com - 18/07/2019, 21:03 WIB
Dua Garis Biru. Dua Garis Biru.

KOMPAS.com - "Hamil itu cuma sembilan bulan sepuluh hari, tapi jadi orangtua seumur hidup," kata ibu Dara (Lulu Tobing) ketika mengetahui anak sulungnya berbadan dua, dalam film Dua Garis Biru.

Selain membahas hubungan antara anak dan orangtua, Gina S Noer sang sutradara sekaligus penulis naskah juga memberi bumbu pendidikan seksual di film debutnya ini.

Mulai dari dampak seks bebas pada laki-laki maupun perempuan hingga risiko kesehatan yang akan dialami jika remaja putri hamil dan melahirkan di usia 17-18 tahun.

Pendidikan seksual itu tentu saja diajarkan di sekolah, tapi rumah adalah tempat aman bagi anak untuk mengenal hal ini.

Anna Surti Ariani Psikolog anak dan keluarga dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi UI menganjurkan, pendidikan seksual sudah diajarkan orangtua ke anak sedini mungkin.

Baca juga: 27 Steps of May, Bagaimana Mestinya Hadapi Korban Kekerasan Seksual?

"Sex education itu bukan sesuatu yang muncul begitu saja, tapi bertahap. Sama seperti kita belajar matematika," ungkap perempuan yang akrab disapa Nina kepada Kompas.com, Kamis (18/7/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengenalan akan sex education sudah bisa dimulai sejak bayi. Misalnya ketika memandikan si buah hati, orangtua memperkenalkan anggota tubuh pada anak.

"Ini kaki, ini tangan, ini penis, ini vagina, dan seterusnya," ujar Nina.

Nah, saat anak sudah bisa memahami maksud perkataan orang dewasa atau sekitar umur tiga tahun, orangtua bisa mulai membekali dengan pelajaran mudah.

Misalnya mengajak anak mengeringkan vagina setelah anak buang air kecil, atau mengajari anak jika ganti baju harus di ruang tertutup.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X