Praktik Parasitisme Seksual, Video Perkawinan Anglerfish Ini Kejutkan Peneliti

Kompas.com - 04/04/2019, 17:35 WIB
Ikan sungut ganda (anglerfish) NOAAIkan sungut ganda (anglerfish)

KOMPAS.com - Lautan dalam hingga kini masih menyimpan banyak misteri alaminya yang memukau para ilmuwan. Salah satunya, anglerfish, ikan dengan kepala besar, gigi runcing tajam, dan belasan antena menjuntai.

Meski tampilannya cukup "mengerikan", ikan ini memiliki keunikan yang menarik perhatian para ahli biologi dunia. Sayangnya, ikan ini sangat sulit ditemukan dalam keadaan hidup di habitat aslinya, jauh di bawah permukaan air laut.

Kelangkaan dalam penemuan ikan ini membuat para ahli bersuka ria ketika berhasil mengabadikan momen perkawinan anglerfish. Peneliti yang berhasil mengabadikan momen bersejarah itu adalah pasangan Kristen dan Joachim Jakobsen.

Pasangan itu sedang mengeksplorasi Azores, kepulauan di Samudra Atlantik di wilayah Portugal ketika mendapati seekor anglerfish betina sedang berenang pada kedalaman 800 meter.