50 Tahun Peluncuran Apollo 11 ke Bulan, Simak Sejarah dari 5 Foto Berikut

Kompas.com - 16/07/2019, 18:33 WIB
Misi Apollo 11 Misi Apollo 11

KOMPAS.com - Tepat 50 tahun lalu, manusia mencatatkan sejarah penjelajahan antariksa. 16 Juli 1969 menjadi tonggak bersejarah setelah peluncuran misi berawak pertama dalam "menginvansi" luar angkasa.

Misi tersebut adalah Apollo 11 yang membawa manusia menuju Bulan. Di bawah komando Neil Armstrong, Badan Antariksa AS ( NASA) mengundang para pemimpin dunia mengirim pesan ke Bulan.

Tak hanya itu, Apollo 11 menjadi misi berawak yang berhasil membawa para astronot kembali ke Bumi.

Sejarah manusia ini terabadikan dengan foto-foto dari 50 tahun silam. Berikut 5 foto bersejarah dari misi Apollo 11.

1. Para pemimpin negara

Mantan Presiden Lyndon B. Johnson saat menyaksikan peluncuran Apollo 11 16 Juli 1969 Mantan Presiden Lyndon B. Johnson saat menyaksikan peluncuran Apollo 11 16 Juli 1969

Keberhasilan peluncuran Apollo 11 tidak hanya disaksikan oleh presiden AS yang menjabat saat itu saja, Richard Nixon. Tapi, peluncuran ini juga disaksikan oleh mantan Presiden Lyndon B. Johnson dan Wakil Presiden Spiro Agnew.

2. Peluncuran di Belakang Bendera AS

Apollo 11 meluncur di belakang kibaran bendera AS Apollo 11 meluncur di belakang kibaran bendera AS

Sebuah foto yang diunggah di laman resmi NASA menunjukkan Apollo 11 meluncur di belakang kibaran bendera AS. Misi Apollo 11 ini kemudian mendarat dengan sempurna di Bulan 4 hari setelah peluncuran, yaitu 20 Juli 1969.

3. Potret Kru Resmi Apollo 11

Foto kru Apollo 11 Foto kru Apollo 11

Para awak Apollo 11 juga berfoto secara resmi. Foto tersebut menunjukkan Neil Armstrong sebagai komandan, MIchael Collins sebagai pilot modul perintah, dan Edwin "Buzz" Aldrin Jr sebagai pilot modul lunar.

4. Kru Berlatih di Simulator

Michael Collins dalam simulator Michael Collins dalam simulator

Tak hanya foto saat peluncuran, NASA juga mengunggah bagaimana para astronot berlatih dalam simulator. Foto ini menunjukkan Michael Collins berlatih di simulator CM pada 19 Juni 1969 di Kenedy Space Center.

5. "Buzz" Aldrin saat Misi ke Bulan

This interior view of the Apollo 11 Lunar Module shows Astronaut Edwin E. Aldrin, Jr., lunar module pilot, during the lunar landing mission. This picture was taken by Astronaut Neil A. Armstrong, commander, prior to the moon landing.NASA/ Headquarters This interior view of the Apollo 11 Lunar Module shows Astronaut Edwin E. Aldrin, Jr., lunar module pilot, during the lunar landing mission. This picture was taken by Astronaut Neil A. Armstrong, commander, prior to the moon landing.

Jika sebelumnya kita melihat ketika astronot Apollo 11 berlatih, "Buzz" Aldrin justru berswafoto selama misi pendaratan di Bulan. Foto yang menampilkan interior Apollo 11 itu diambil pada 20 Juli 1969 saat kapsul itu berhasil mendarat di satelit Bumi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NASA
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X