Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

50 Tahun Peluncuran Apollo 11 ke Bulan, Simak Sejarah dari 5 Foto Berikut

KOMPAS.com - Tepat 50 tahun lalu, manusia mencatatkan sejarah penjelajahan antariksa. 16 Juli 1969 menjadi tonggak bersejarah setelah peluncuran misi berawak pertama dalam "menginvansi" luar angkasa.

Misi tersebut adalah Apollo 11 yang membawa manusia menuju Bulan. Di bawah komando Neil Armstrong, Badan Antariksa AS (NASA) mengundang para pemimpin dunia mengirim pesan ke Bulan.

Tak hanya itu, Apollo 11 menjadi misi berawak yang berhasil membawa para astronot kembali ke Bumi.

Sejarah manusia ini terabadikan dengan foto-foto dari 50 tahun silam. Berikut 5 foto bersejarah dari misi Apollo 11.

Keberhasilan peluncuran Apollo 11 tidak hanya disaksikan oleh presiden AS yang menjabat saat itu saja, Richard Nixon. Tapi, peluncuran ini juga disaksikan oleh mantan Presiden Lyndon B. Johnson dan Wakil Presiden Spiro Agnew.

Sebuah foto yang diunggah di laman resmi NASA menunjukkan Apollo 11 meluncur di belakang kibaran bendera AS. Misi Apollo 11 ini kemudian mendarat dengan sempurna di Bulan 4 hari setelah peluncuran, yaitu 20 Juli 1969.

Para awak Apollo 11 juga berfoto secara resmi. Foto tersebut menunjukkan Neil Armstrong sebagai komandan, MIchael Collins sebagai pilot modul perintah, dan Edwin "Buzz" Aldrin Jr sebagai pilot modul lunar.

Tak hanya foto saat peluncuran, NASA juga mengunggah bagaimana para astronot berlatih dalam simulator. Foto ini menunjukkan Michael Collins berlatih di simulator CM pada 19 Juni 1969 di Kenedy Space Center.

Jika sebelumnya kita melihat ketika astronot Apollo 11 berlatih, "Buzz" Aldrin justru berswafoto selama misi pendaratan di Bulan. Foto yang menampilkan interior Apollo 11 itu diambil pada 20 Juli 1969 saat kapsul itu berhasil mendarat di satelit Bumi.

https://sains.kompas.com/read/2019/07/16/183300323/50-tahun-peluncuran-apollo-11-ke-bulan-simak-sejarah-dari-5-foto-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke