INFOGRAFIK: Cara Kalibrasi Arah Kiblat

Kompas.com - 16/07/2019, 15:19 WIB
Cara Kalibrasi Arah KiblatKOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Cara Kalibrasi Arah Kiblat

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kedua kalinya, pada tahun ini, matahari tepat berada di atas Ka'bah, di Makkah Arab Saudi, tepat pada Selasa (16/7/2019) siang waktu setempat.

BMKG menyebutkan, ada dua waktu matahari akan berada tepat di atas Kabah. Akan tetapi, kedua waktu tersebut terjadi saat wilayah Indonesia yang menggunakan satuan Waktu Indonesia Tengah (Wita) dan Waktu Indonesia Timur (WIT) sudah di rembang petang.

Dengan kondisi ini, BMKG menyebutkan, ada dua waktu lain yang bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi arah kiblat.

Salah satunya, menggunakan waktu matahari di atas lokasi yang tepat berada di posisi kebalikan (antipodal) posisi Kabah di bola Bumi.

Bagaimana cara melakukan kalibrasi arah kiblat? Selengkapnya simak infografik berikut ini!

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Kalibrasi Arah Kiblat

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X