Cuaca Indonesia Hari Ini: Super Cerah! Waktu yang Pas untuk Wisata

Kompas.com - 11/07/2019, 08:58 WIB
Prakiraan angin BMKG 11 Juli 2019 pukul 07.00 WIB. Cuaca Indonesia diprediksi cerah.BMKG Prakiraan angin BMKG 11 Juli 2019 pukul 07.00 WIB. Cuaca Indonesia diprediksi cerah.

KOMPAS.com - Untuk siapa pun yang akan bepergian, Kamis (11/7/2019) hari ini adalah waktu yang tepat. Sepanjang hari, berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), cuaca Indonesia sebagian besar akan cerah.

Banda Aceh, Denpasar, Yogyakarta hingga Jayapura takkan dihiasi hujan sedikit pun. Hanya akan ada awan tipis di beberapa wilayah, misalnya Bandar Lampung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh. Hujan berpotensi terjadi di beberapa wilayah, tetapi bersifat lokal. Diantaranya di Samarinda pada malam dan Manokwari pada pagi.

Meski begitu, suhu udara akan terasa panas. Di banda Aceh, suhu maksimum yang berpotensi dicapai adalah 35 derajat Celsius. Cukup menyengat. Di Ambon, suhunya akan lebih rendah dengan potensi suhu maksimum sebesar 28 derajat Celsius.

Baca juga: Ingin Atasi Polusi Udara Jakarta, BPPT Tawarkan Teknologi Modifikasi Cuaca

Di sebagian besar bandara Indonesia, cuaca akan berawan. Beberapa yang berbeda adalah Kuala Namu di Medan yang akan mengalami hujan ringan dan Silangit di Tapanuli Utara yang berpotensi mengalami udara kabur. Di Bandara Trunojoyo Madura dan Banyuwangi, cuaca berpotensi terbaik dengan jarak pandang lebih dari 10 km.

Dari hasil prakiraan angin BMKG, tak ada pusaran udara tekanan rendah maupun siklon tropis yang eksis di dekat wilayah Indonesia. Dengan cuaca hari ini, kegiatan wisata akan lebih lancar. Jika masih ingin mengamati saturnus, potensi keberhasilan observasinya bakal lebih besar.

Baca juga: Saturnus Mendekati Bumi, Masyarakat Indonesia Bisa Lihat dengan Mata Telanjang Malam Ini

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X