Gempa Hari Ini: M 5,5 dan M 5,3 Guncang Indonesia

Kompas.com - 08/07/2019, 20:06 WIB
Ilustrasi gempa bumi. AFPIlustrasi gempa bumi.

KOMPAS.com - Dua gempa bumi berkekuatan cukup signifikan mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Senin (08/07/2019). Meski kedua gempa ini memiliki kekuatan cukup besar, tapi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menegaskan tidak ada potensi tsunami.

Lindu pertama mengguncang Manado, Sulawesi Utara skitar pukul 13.20 WIB. Lindu ini berkekuatan M 5,5.

Getaran dirasakan oleh warga Manado dalam skala intensitas II MMI.

"Lokasi gempa 0.50 LU,126.12 BT, 141 kilometer barat daya Ternate, Maluku Utara, dengan kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Senin siang.

Baca juga: Gempa Berpotensi Tsunami di Ternate Semalam, Begini Analisis BMKG

BMKG juga menyatakan, pasca-gempa M 7,0 yang terjadi pada 7 Juli 2019 malam, hingga hari ini pukul 12.45 WIB aktivitas gempa susulan sudah mencapai 47 kali dengan magnitudo terbesar adalah 4,9 dan magnitudo terkecil 3,1.

Gempa kedua mengguncang wilayah Sarmi, Papua hanya berselang 35 menit dari lindu di Manado. BMKG mencatat kekuatan gempa siang tadi M 5,3.

Guncangan dirasakan warga Sarmi dalam skala intensitas II-III MMI. Dengan kata lain, getaran dirasakan oleh beberapa warga seperti ada truk yang melintas.

Pusat gempa berada di darat, tepatnya 63 km timur laut Mamberamo Tengah. Kedalaman gempa tercatat 30 km.

BMKG menegaskan bahwa gempa di Sarmi siang tadi tidak berpotensi tsunami.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X