Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Foto Indonesia nan Menakjubkan dari Luar Angkasa

Kompas.com - 08/07/2019, 18:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber NASA

KOMPAS.com - Indonesia adalah negara kepulauan yang termasuk dalam gugus cincin api Pasifik atau dikenal sebagai ring of fire. Gugus ini membuat Indonesia menjadi negara yang indah sekaligus sering mengalami gempa bumi dan letusan gununung berapi.

Sebagai satu kesatuan, Indonesia memiliki bentang alam yang indah berisi pegunungan, pantai, sungai, danau, dan lautnya.

Bukan isapan jempol, keindahan alam sekaligus potensi bahaya Indonesia terabadikan dalam foto dan video yang diambil dari antariksa.

Kompas.com merangkum 9 foto dan video yang menunjukkan keindahan Indonesia dari luar angkasa.

Baca juga: Gemerlap Jawa hingga Gulita Papua, Bukti Ketimpangan Listrik Indonesia?

Gunung Anak Krakatau

Aktivitas gunung berapi di Indonesia bukan hal baru. Tapi, Desember lalu, aktivitas dari gunung Anak Krakatau sempat membuat tsunami yang menyapu wilayah Selat Sunda.

Beberapa bulan sebelum gelombang monster itu terjadi, satelit milik Badan Antariksa AS (NASA), The Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) sempat mengabadikan foto Gunung Anak Krakatau dari antariksa pada 22 September 2018.

Letusan Gunung Anak Krakatau pada Sepetember 2018 diabadikan satelit NASA Letusan Gunung Anak Krakatau pada Sepetember 2018 diabadikan satelit NASA

Selain foto yang diambil dari satelit, erupsi gunung Anak Krakatau pada 24 September 2018 juga terlihat dari stasiun luar angkasa internasional (ISS) dan diabadikan oleh astronot Alexander Gerst.

Letusan Gunung Anak Krakatau diambil oleh astronot Alexander Gerst di ISS Letusan Gunung Anak Krakatau diambil oleh astronot Alexander Gerst di ISS

Untaian Gunung di Indonesia

Astronot ISS memotret wilayah Jawa, Bali, dan Lombok Astronot ISS memotret wilayah Jawa, Bali, dan Lombok

Seperti yang telah disebutkan, Indonesia berada dalam untaian cincin api Pasifik. Foto yang diabadikan oleh para astronot di ISS pada 2015 menunjukkan buktinya.

Dalam foto yang diambil oleh para kru Ekspedisi 45 itu menunjukkan gugus gunung berapi di Pulau Jawa, Bali, dan Lombok.

Foto itu menunjukkan bahwa gunung berapi di pulau-pulau tersebut hampir berada dalam satu garis lurus. Gambar ini juga memperlihatkan bahwa setidaknya enam gunung berapi mengeluarkan uap dan asap putih.

 

 

 

 

Pulau Mirip Siput

Indonesia memiliki ribuan pulau, baik yang besar hingga kecil. Salah satu pulau di Indonesia diabadikan oleh astronot yang tengah bertugas di ISS pada 2013 silam.

Melalui akun twitternya, astronot bernama Chris Hadfield itu membagikan foto salah satu pulau di Indonesia.

Dia menyertakan keterangan, "Sebuah pulau siput di antara parairan sekitar Indonesia, dengan warna transparan di dalamnya."

Penampakan Semarang dari Antariksa

Penampakan kota Semarang juga terabadikan dari antariksa. Kali ini yang mengabadikan adalah Badan Antariksa Eropa (ESA).

Halaman:
Sumber NASA


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com