Ikut Patah Hati Akibat Song Hye Kyo dan Song Jong Ki Cerai, Normalkah?

Kompas.com - 27/06/2019, 15:30 WIB

KOMPAS.com - Kabar perceraian antara Song Hye Kyo dan Song Jong Ki mendpaat berbagai respons dari para pengguna internet. Kebanyakan menyebut bahwa merasa ikut sedih, bahkan patah hati.

Rasa sedih dan patah hati massal ini terjadi mengingat pernikahan keduanya terlihat harmonis.

Ini memang bukan pertama kali warganet merasa patah hati berjamaah. Sebelumnya, kasus perceraian Angelina Jolie dan Brad Pitt atau Gisella Anastasia dan Gading Marten juga menimbulkan fenomena yang sama.

Menurut kacamata psikologi, sikap warganet menerima kabar hubungan Song Song Couple ini sangat bisa dipahami. Ini merupakan bukti nyata dari "hubungan parasosial" yang dimiliki masyarakat dengan figur publik.

Baca juga: Nikah Muda, Cerai Gampang

Hubungan parasional sendiri diperkenalkan oleh Donald Horton dan Richard Wohl pada tahun 1956 dalam jurnal Psychiatry. Istilah ini merujuk pada fenomena media menciptakan intimasi satu arah dari jarak jauh.

Apa itu hubungan parasosial?

Psikolog Anna Surti Ariani menjelaskan mengenai fenomena hubungan parasional ini tak lepas dari pengaruh media, baik itu televisi, radio, maupun media sosial. Saat tokoh publik muncul lewat berbagai media, banyak orang merasa dilibatkan dalam kehidupan pribadinya dan membuat mereka merasa benar-benar dekat dan kenal dengan tokoh tersebut.

Di sisi lain, tokoh atau figur publik tersebut tidak mengenal warganet yang terus mengamati aktivitasnya.

"Artinya relasi yang terjalin hanyalah relasi satu arah, bukan relasi sesungguhnya. Ini yang disebut parasocial interaction alias interaksi parasosial," terang perempuan yang akrab dipanggil Nina itu.

Nina melanjutkan, mereka yang tidak menyadari sepenuhnya terlibat dalam interaksi parasosial dapat memiliki simpati lebih terhadap figur publik.

"Beberapa penelitian bahkan mengonfirmasi bahwa mereka yang terlibat dalam hubungan parasosial bisa berubah perilakunya, misalnya memilih barang yang sebetulnya tidak dia pilih hanya karena tokoh kesayangannya memilih itu," papar Nina.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.