Gempa Susulan Mamberamo dan Laut Banda Terjadi 50 Kali

Kompas.com - 24/06/2019, 21:17 WIB
Peta gempa di Indonesia, Senin (24/06/2019) Peta gempa di Indonesia, Senin (24/06/2019)

KOMPAS.com — Hari ini Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya dua gempa besar di wilayah Indonesia.

Dua gempa tektonik yang mengguncang kuat di wilayah Mamberamo Raya berkekuatan M 6,1 pada pukul 08.05 WIB dan gempa Laut Banda M 7,3 pada pukul 09.53 WIB diikuti oleh serangkaian gempa susulan (aftershocks).

Menurut laporan, gempa Mamberamo telah menimbulkan guncangan kuat di Sarmi, Jayapura, dan Wamena. Gempa Laut Banda berdampak terjadinya guncangan dalam spektrum wilayah yang luas hingga Denpasar, Bima, Manokwari, Wamena, bahkan hingga sampai kota Darwin di Australia.

Namun, guncangan gempa itu tidak berhenti pada pagi hari tadi.

Baca juga: Mamberamo dan Laut Banda Memang Punya Riwayat Panjang Gempa Bumi

"Hingga malam ini pukul 20.00 WIB monitoring BMKG telah mencatat sebanyak 45 kali gempa susulan di Maberamo Raya," ungkap Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono.

"Sementara gempa yang berpusat di Laut Banda tercatat diikuti sebanyak lima kali gempa susulan," katanya.

Daryono menyebut, gempa susulan di Mamberamo Raya dan Laut Banda menunjukkan tren magnitudo yang terus mengecil.

"Selain gempa kuat tersebut di atas, hari ini BMKG juga mencatat ada tiga gempa signifikan lain yang terjadi di Indonesia," ujar pria asal Semarang itu.

"Sebelum terjadinya gempa Maberamo Raya, di selatan Tasikmalaya terjadi gempa berkekuatan M 4,3 pada pukul 02.58 WIB. Gempa ini dirasakan di Tasikmalaya dan di Pangandaran," katanya.

Selanjutnya pada pukul 07.55 WIB, wilayah Wuasa, Poso, Sulawesi Tengah, juga terjadi gempa berkekuatan M 4,6. Gempa ini dirasakan di Kota Palu dan sekitarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X