Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNRAM dan Angkasa Pura Resmi Selenggarakan Vokasi Kebandaraan

Kompas.com - 19/06/2019, 17:04 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Universitas Mataram (Unram) dan PT PT. Angkasa Pura I (Persero) telah resmi bekerjasama untuk menyelenggarakan Program Vokasi Kebandaraan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) oleh Rektor (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni SH., M.Hum dan Direktur PT. Angkasa Pura I (Persero) yang diwakili oleh General Manager Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati, di Ruang Sidang Rektor, Rabu (19/6).

Disampaikan dalam siaran pers yang dibagikan Unram pada Rabu (19/6/2019), PT. Angkasa Pura I (Persero) akan memberikan beasiswa kepada lulusan SMA/SMK berprestasi yang berada di wilayah kerjanya untuk dididik menjadi calon-calon tenaga kerja yang profesional di bidang kebandarudaraan di Unram.

Prof Husni mengatakan, konsentrasi kebandarudaraan ini berada di bawah Diploma III (DIII) Pariwisata yang telah ada saat ini di Unram dan penerimaan mahasiswa konsentrasi kebandarudaraan ini akan mulai pada tahun ini.

Baca juga: 6 Fakta Tak Terduga dari Pesawat Terbang

“Saya berharap kerja sama ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan, karena tersedianya SDM yang mumpuni di bidang kebandarudaraan sangat diperlukan untuk menunjang operasional bandara, khususnya Indonesia Tengah dan Timur,” imbuhnya.

Mengenai sumber daya dan kurikulumnya, Fakultas ekonomi dan Bisnis (FEB) Unram dan PT. Angkasa Pura I (Persero) akan menetapkan bersama-sama.

Melalui pendidikan ini, penerima beasiswa diharapkan dapat memiliki kompetensi yang memadai, baik dari sisi pengetahuan, keterampilan, serta sikap dalam bidang pelayanan, komunikasi, bahasa Inggris, dan dalam bidang kebandarudaraan, sehingga siap bekerja sebagai personil operasional bandara.

“Seluruh kompetensi tersebut akan dikemas dalam mata kuliah yang diberikan pada Program Diploma III Pariwisata dengan konsentrasi kebandarudaraan yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Unram,” kata Nugroho Jati.

Baca juga: Pesawat Terbesar di Dunia Terbang Perdana, Apa Fungsinya?

Dalam kesempatan yang sama, Nugroho Jati juga mengungkapkan alasan PT. Angkasa Pura I (Persero) memilih Unram sebagai tempat pelaksanaan pendidikan bagi peserta penerima beasiswa.

Unram yang berlokasi di wilayah kerja PT. Angkasa Pura I (Persero), yaitu Bandara Internasional Lombok dan Eks Bandara Selaparang, akan memudahkan koordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaannya Program Vokasi Kebandaraan.

Selain itu, Unram sendiri juga merupakan salah satu universitas di Indonesia yang telah memiliki pengalaman panjang dalam mendidik mahasiswa agar memiliki kompetensi memadai untuk terjun ke dunia kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com