Massa dan Berat Itu Tidak Sama, Berikut Penjelasannya

Kompas.com - 14/06/2019, 19:33 WIB
Ilustrasi kilogram. Ilustrasi kilogram.

KOMPAS.com – Dalam pembicaaan sehari-hari, banyak orang menggunakan kata “ massa” dan “ berat” sebagai pengganti satu sama lain. Padahal, keduanya tidaklah sama.

Dalam artikel Thought&Co., Dr Anne Marie Helmenstine, Ph.D. menulis bahwa dalam fisika, massa menunjukkan jumlah materi di dalam suatu materi, sementara berat mengukur gaya yang diakibatkan oleh pengaruh gravitasi terhadap massa.

Itulah sebabnya rumus untuk menghitung berat adalah berat (W) = massa (m) x gravitasi (g).

Helmenstine menjelaskan lebih lanjut bahwa massa tidak akan pernah berubah, sementara berat bisa berubah tergantung besarnya percepatan gravitasi di tempat tersebut.

Gravitasi di Bulan, misalnya, hanya 0,165 gravitasi Bumi sehingga sebuah benda yang massanya 10 kilogram di Bumi akan tetap 10 kilogram di Bulan, tetapi beratnya berubah dari 98 Newton di Bumi menjadi 16,17 Newton di Bulan.

Baca juga: Definisi Kilogram Berubah, BSN Ungkap Dampaknya bagi Kita

Perbedaan lainnya adalah massa tidak akan pernah nol, sementara berat bisa menjadi nol jika tidak ada gravitasi seperti berada di luar angkasa.

Massa juga merupakan kuantitas skalar yang memiliki magnitudo, sementara berat adalah kuantitas vektor yang memiliki magnitudo dan mengarah ke gravitasi.

Lalu, massa biasanya diukur menggunakan satuan gram dan kilogram, sementara berat diukur menggunakan satuan gaya newton.

Berapa berat Anda di planet lainnya?

Seperti dijelaskan di atas, massa Anda tidak berubah ketika berada di planet lain, tetapi berat Anda bisa berubah tergantung dari gravitasi.

Helmenstine telah mengompilasikan tabel yang membandingkan gravitasi di Bumi dengan planet-planet lainnya. Untuk mengetahui berat Anda di Jupiter, misalnya, kalikan berat Anda (W=mg) di Bumi dengan 2,64.

Untuk diketahui, perhitungan efek gravitasi pada berat tidak hanya bergantung pada massa saja, tetapi juga seberapa jauh Anda berada dari pusat gravitasi. Di Bumi saja, berat Anda bisa menjadi berubah bila berada di puncak gunung dibanding bila Anda berada pada ketinggian permukaan laut.

Tabel nilai gravitasi di planet lainAnne Marie Helmenstine, Ph.D./Thought & Co. Tabel nilai gravitasi di planet lain




Close Ads X