Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 4,7 di Kalimantan Utara Dipicu Sesar Aktif

Kompas.com - 11/06/2019, 13:56 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Selasa (11/06/2019), pukul 13.45.58 WITA, wilayah Kalimantan Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini berkekuatan M 4,7.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, lokasi episenter terletak pada koordinat 2,62 LU dan 117,22 BT. Dengan kata lain, pusat gempa berada di darat pada jarak 40 km arah Tenggara Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara pada kedalaman 14 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquakes) akibat aktifitas Sesar Maratua," ungkap Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG.

"Struktur sesar ini termasuk sesar aktif yang berarah tenggara-barat laut, yang jalurnya melintas dari Tanjung Mangkalihat hingga Daerah Muara Pangean," imbuhnya.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Guncang Cilacap dan Bali, Hanya Selang 15 Menit

Menurut pria asal Semarang itu, hasil monitoring BMKG selama ini memang menunjukkan banyak aktivitas gempa kecil di sepanjang jalur sesar ini.

"Hasil analisis sumber gempa menunjukkan gempa signifikan ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar geser cenderung ke arah kiri (strike-slip sinistral)," kata Daryono.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, dampak gempa ini berupa guncangan yang dirasakan di daerah Tanjung Selor dan sekitarnya dengan skala intensitas II-III MMI.

"Beberapa warga dilaporkan sempat berlarian ke luar rumah akibat panik dan terkejut karena guncangan yang terjadi secara tiba-tiba," ujar Daryono.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Sampai dengan pukul 14.30 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," tutur Daryono.

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kalimantan Utara dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com