Aneh Tapi Nyata, Ikan Ini "Hobi" Tahan Napas di Dalam Air

Kompas.com - 10/06/2019, 11:33 WIB
Coffinfish Coffinfish

 

KOMPAS.com - Seperti manusia, semua hewan membutuhkan oksigen untuk bisa hidup. Tak terkecuali ikan.

Namun, untuk bernapas, ikan biasanya menarik air yang mengandung oksigen ke dalam mulut mereka dan memompanya melalui ruang insang untuk memilah antara air dan oksigen.

Selanjutnya, air yang tidak mengandung oksigen dikeluarkan dari celah insang.

Namun, bagaimana jika ada ikan yang justru menahan napas di dalam air?

Para ilmuwan yang tergabung dalam ekspedisi Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) menemukan sekelompok ikan yang melakukan hal tersebut.

Mereka merekam kehidupan coffinfish (Chaunax endeavouri), sekelompok ikan yang jarang dipelajari. Ikan ini hidup di dasar lautan di seluruh dunia.

Baca juga: Kalau Paus Bukan Ikan, Bagaimana dengan Hiu?

Para ilmuwan merekam ikan jenis tersebut di berbagai lokasi di Samudra Atlantik dan Pasifik. Ketika mempelajari kembali video yang didapatkan, mereka menemukan ikan-ikan itu sering menahan napas.

Ini terlihat dari bagaimana ikan-ikan itu menahan sejumlah besar air di ruang insang tanpa tanda-tanda menghirup atau menghembuskan napas.

Dikutip dari Science Mag, Jumat (07/06/2019), ikan-ikan ini tidak menahan napas dalam waktu sebentar tapi hingga 4 menit pada sekali waktu.

Ketika coffinfish akhirnya mengeluarkan air setelah menahan napas, tubuh mereka akan mengempis 20 hingga 30 persen.

Untuk mengetahui bagaimana ikan-ikan itu bisa menahan napas hingga bermenit-menit, para peneliti melakukan CT scan pada spesimen yang ada di museum.

Melansir dari Live Science, Jumat (07/06/2019), mereka menemukan ruang insang coffinfish cukup besar hingga memungkinkan ikan-ikan itu menyimpan air selama beberapa menit.

Hasil temuan ini kemudian dipublikasikan oleh para peneliti dalam Journal of Fish Biology.

Baca juga: Di Mata Spesies Ikan Laut Dalam, Habitat Gelap Mereka Mungkin Berwarna

Alasan Coffinfish Menahan Napas

Para peneliti kemudian tertarik juga mempelajari mengapa ikan-ikan itu menahan napas.

Meski belum mendapat jawaban pasti, mereka berpendapat bahwa menahan napas untuk waktu yang lama dapat membantu coffinfish yang terkenal malas menghemat energi yang seharusnya mereka gunakan untuk secara aktif memompa air.

Selain itu, menahan napas membuat ikan-ikan ini mengembang hingga ukuran sebesar ikan buntal. Ukuran ini juga bisa berfungsi sebagai peringatan bagi calon pemangsa.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X