Kompas.com - 05/06/2019, 12:38 WIB
Idul Fitri Feast The Sultan Hotel & Residence JakartaIdul Fitri Feast


KOMPAS.com - Di momen Leberan seperti ini, aneka hidangan lezat menggugah selera tersaji di meja makan. Meski begitu, sebagian orang merasa harus ekstra berhati-hati agar kondisi kesehatan tetap terjaga, misalnya saja bagi penderita diabetes.

Namun benarkah momen lebaran adalah siksaan bagi penderita diabetes?

Ahli Gizi dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, dr Natalia Emmy mengatakan, penderita diabetes tetap bisa menyantap sajian lebaran asal membatasi porsi hidangan yang dikonsumsinya.

"Penderita diabetes sebaiknya mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan, jangan kelebihan kalorinya," jelasnya.

Baca juga: Jadi Makanan Wajib Lebaran, Bagaimana Asal Usul Ketupat?

Diabetes terjadi ketika tubuh tidak menghasilkan insulin atau insulin tidak bekerja dengan baik sehingga gula menumpuk dalam darah manusia.

Cara menghitung perkiraan kebutuhan kalori per hari bagi perempuan adalah dengan mengalikan berat badan ideal kali 25 kalori, sedangkan untuk laki-laki adalah berat badan ideal kali 30 kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi jika berat badan seorang perempuan 57 kilogram, maka ia diperkirakan memerlukan kalori 1.425 setiap hari. Kalau dia telah menyantap seporsi opor ayam, untuk hari itu jatahnya tersisa 1.010 kalori.

Selain ketepatan jumlah, asupan makanan bagi penderita diabetes juga harus tepat jenis dan tepat waktu atau dalam istilah kesehatan sering disebut pola diet tiga J, yakni jumlah, jenis makanan dan jam.

"Kita pakai rumus rendah kalori, kaya serat. Rendah kalori di sini artinya jangan terlalu banyak makanan yang banyak karbohidratnya. Nah, sumber-sumber makanan yang berserat tinggi itulah yang harus lebih banyak dikonsumsi," kata Ketua Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) cabang Bogor, Kuncoro.

Lebih lanjut ia menjelaskan mengapa makanan berserat tinggi, seperti sayuran dan buah-buahan, perlu diutamakan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.