Gempa Hari Ini, Nias Kembali Diguncang Kekuatannya 5,9

Kompas.com - 03/06/2019, 20:36 WIB
Ilustrasi gempa bumi. AFPIlustrasi gempa bumi.


KOMPAS.com - Senin (3/6/2019) sekitar pukul 12.57 WIB, wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera diguncang gempa tektonik dengan kekuatan M 6,0 yang kemudian dilakukan pemutakhiran menjadi M 5,9.

Jika episenter gempa Nias Selatan kemarin berlokasi di koordinat 0,52 LU dan 98,39 BT, atau tepatnya laut pada jarak 68 km Tenggara Nias Selatan pada kedalaman 48 kilometer. Episenter gempa hari ini berpindah ke koordinat 0,19 LU dan 97,46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km arah barat daya Kabupaten Nias Selatan pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatra. 

Baca juga: Gempa Hari Ini, M 5,3 Guncang Nias Selatan

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault)," tulis BMKG dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (3/6/2019).

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa dirasakan di Nias Selatan, Gunungsitoli, Teluk Dalam, dan Padang Sidempuan pada skala intensitas III MMI, dan di Nias Utara II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13.30 WIB, Hasil monitoring BMKG menunjukkan ada 1 (satu) aktivitas gempa susulan (aftershock) dengan kekuatan M 5,5 pada pukul 13.04 WIB.

Gempa susulan ini berdasarkan laporan masyarakat juga dirasakan di Nias Selatan II MMI, dan di Gunungsitoli I-II MMI.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tutup BMKG.

Baca juga: Ahli Gempa BMKG: Mei 2019 adalah Bulan Teduh Gempa, Apa Maksudnya?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X