Bak Manusia, Monyet Juga Harus Bersikap Sopan pada yang Lebih Tua

Kompas.com - 31/05/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi langur atau monyet lutung Ilustrasi langur atau monyet lutung

KOMPAS.com – Mungkin selama ini kita menganggap bahwa hanya manusia saja yang dapat memiliki rasa hormat terhadap individu yang lebih tua, sehingga kita bersikap lebih berhati-hati dan sopan kepada mereka.

Namun berdasarkan studi, sikap ini ternyata merupakan sifat universal yang dimiliki oleh primata. Artinya, monyet dan kera juga menunjukkan sikap yang sama terhadap sesamanya yang berusia lebih tua.

Hal ini ditemukan lewat pengamatan dan analisis terhadap “percakapan” di antara kelompok monyet Campbell (Cercopithecus campbelli).

Melalui pengamatan dan analisis terhadar 823 ungkapan vokal antara delapan ekor moyet Campbell dalam kurun waktu enam jam, ditunjukkan bahwa suara panggilan yang dikeluarkan oleh monyet yang lebih tua akan ditanggapi lebih efektif dibanding monyet muda, tanpa memandang posisi monyet dalam kelompok tersebut.

Baca juga: Bagai Binaragawan, Monyet Betina Ini Viral di Media Sosial

Monyet yang berusia relatif tua, sekitar tujuh tahun akan mendapatkan sebanyak dua kali respons dibandingkan monyet muda yang berusia dua tahun.

Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perhatian khusus yang ditujukan pada monyet berusia tua, serta bahwa kelompok monyet dapat mengenali konsep usia dan mengaitkannya dengan status sosial dalam kelompok.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Salah satu penyebabnya adalah karena monyet berusia tua memiliki status sosial yang lebih tinggi, serta diperlakukan sebagai senior yang “lebih berpengalaman”.

“Monyet tua mengetahui kondisi hutan lebih baik, lebih siaga dalam mengenali predator, dan mereka lebih pintar mencari makanan. Panggilan yang mereka sampaikan memiliki peran kunci bagi kedekatan dan keselamatan kelompok,” ujar Klaus Zuberbuhler, peneliti dari School of Psychology, University of St. Andews.

Kondisi ini menjadikan monyet tua sebagai pengatur relasi sosial dalam kelompok.

Di sisi lain, monyet tua juga dianggap lebih paham mengenai “aturan” yang berlaku di kelompok, sedangkan monyet muda seringkali mengabaikan dan melanggar peraturan. Inilah membuat panggilan yang diberikan oleh monyet muda menjadi kurang dipercaya.

Hal ini juga tidak hanya dijumpai pada monyet Campbell saja. Monyet vervet dan langur juga memiliki dinamika sosial yang kurang lebih serupa.

Fenomena ini dapat menjadi petunjuk bagi bagaimana awalnya kehidupan sosial manusia berevolusi, terutama mengenai relasi sosial dan posisi individual dalam kelompok.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X