Kompas.com - 26/05/2019, 18:57 WIB
Ilustrasi gempa. ShutterstockIlustrasi gempa.

KOMPAS.com - Gempa berkekuatan M 8,0 mengguncang Peru hari ini, Mingu (26/05/2019). Lindu ini terjadi pada pukul 07.41 waktu setempat atau sekitar 14.41 WIB.

Guncangan gempa ini dirasakan oleh warga Loreto, Peru.

Menurut data Badan Geologi AS (USGS), pusat gempa tersebut berada di darat, sekitar 75,6 km wilayah Laguna, Loreto, Peru. Sedangkan kedalaman gempa tercatat pada 109,9 km.

Gempa ini merupakan gempa tektonik di wilayah lempeng Nazca yang memanjang lebih dari 7.000 km dari lepas pantai Chile selatan hingga lepas pantai selatan Panama.

Baca juga: Meski Jarang Terjadi, Ini Riwayat Gempa Besar di Kalimantan

Merunut riwayat, kebanyakan gempa akibat lempeng ini berkisar pada kedalaman dangkal 0 hingga 70 km yang dihasilkan deformasi kerak dan interplate.

Sejak 1900, banyak gempa dangkal berkekuatan 8 atau lebih besar telah terjadi di antarmuka zona subduksi di wilayah ini yang diikuti oleh tsunami dahsyat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, beberapa gempa besar juga terjadi dengan kedalaman menengah besar, mulai dari 70 hingga 300 km. Sebagian besar gempa bumi kedalaman menengah besar ini terjadi berbatasan dengan tikungan di garis pantai antara Peru dan Chile.



Sumber USGS

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.