Ahli Percaya, Cara Simpanse Belajar Menggali Tanah Mirip Manusia Purba

Kompas.com - 20/05/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi simpanse Ilustrasi simpanse

KOMPAS.com - Simpanse merupakan primata dengan segudang kecerdikan. Dalam laporan terbaru di PLOS ONE, para ahli Norwegia menemukan bahwa sekelompok simpanse mampu memanfaatkan alat untuk menggali makanan yang terkubur di tanah.

Riset yang dilakukan Alba Motes-Rodrgo dari Universitas Oslo menunjukkan, simpanse liar dan monyet capuchin berjanggut dapat menggunakan alat tertentu untuk menggali makanan yang terkubur di tanah, misalnya umbi-umbian.

Keterampilan ini diyakini Alba dan tim juga dilakukan  manusia purba dan kerabat hominin kita di masa lalu.

Dalam risetnya, Alba dan tim mengamati perilaku 10 simpanse di penangkaran. Sebelum riset dilakukan, tak ada satu pun simpanse yang menggunakan alat untuk menggali makanan.

Baca juga: Video Simpanse Main Instagram Viral, Kenapa Ahli Konservasi Protes?

Pada percobaan pertama, ahli meletakkan buah-buahan ke dalam lima lubang kecil di dalam kandang simpanse di kebun binatang Kristiansand, Norwegia.

Awalnya, lubang-lubang itu dibiarkan terbuka sehingga simpanse dapat melihat bahwa di dalam lubang ada makanan.

Setelah simpanse cukup paham, lubang-lubang itu ditutup dengan tanah. Para ahli sengaja meninggalkan "alat gali" terbuat dari cabang kayu.

Setelah diamati, tim menemukan para simpanse mulai menggunakan alat untuk menggali makanan di dalam tanah. Mereka memeriksa tanah, menumbuk tanah, mulai menyekop, dan memperbesar lubang.

Simpanse belajar menggali tanah dengan alat. Hal ini diyakini mirip manusia purba. Simpanse belajar menggali tanah dengan alat. Hal ini diyakini mirip manusia purba.

Ahli menemukan, sembilan dari 10 simpanse berhasil menemukan buah yang terkubur di dalam tanah dan delapan di antaranya menggunakan alat untuk menggali.

Meski simpanse bisa menggunakan alat untuk menggali, rupanya menggali dengan tangan masih menjadi metode favorit bagi simpanse.

Selain menemukan bahwa simpanse bisa memanfaatkan alat untuk menggali, tim Alba juga menemukan bahwa simpanse cenderung memilih tongkat kayu yang lebih panjang.

Baca juga: Karena Ulah Tamu Kebun Binatang, Simpanse Menggila dan Celakai Diri

Merujuk pemberitaan IFL Science, Jumat (17/5/2019), para ahli menyimpulkan bahwa apa yang dilakukan simpanse mencerminkan perilaku nenek moyang hominin kita belajar menggunakan alat untuk menggali tanah.

Selain melaporkan simpanse bisa menggunakan alat untuk menggali, para ahli juga melaporkan simpanse membagi buah hasil galian dengan kelompok mereka.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X