Nenek Moyang Kita Jadi Kanibal 1 Juta Tahun Lalu, Ini Alasannya

Kompas.com - 13/05/2019, 20:06 WIB
Ilustrasi kanibal EzumeImagesIlustrasi kanibal

KOMPAS.com - Jejak kanibalisme ternyata sudah ada sejak 900.000 tahun yang lalu. Peneliti menemukan jika nenek moyang kita, Homo antecessor, berburu dan memakan satu sama lain. Tapi apa sebab mereka melakukan hal tersebut?

Homo antecessor adalah spesies hominim yang diperkirakan hidup 1,2 juta hingga 800 ribu tahun yang lalu. Peneliti menemukan fosil manusia purba ini di sebuah situs arkeologi Gran Dolina di Spanyol.

Setelah melakukan penelitian terhadap tujuh individu, peneliti juga menjumpai bukti kanibalisme yang tak perlu dipertanyakan lagi. Ini sekaligus menjadi bukti kanibalisme tertua yang pernah diketahui.

" Kanibalisme adalah praktik manusia yang lama dan tersebar luas, namun penyebab dan makna mengapa mereka mengonsumsi manusia lain masih menjadi perdebatan," Jesús Rodríguez, peneliti di Centro Nacional de Investigación sobre la Evolución Humana (CENIEH), di Spanyol, dalam sebuah pernyataan.