Rahasia Alam Semesta: Air Terjun Dalam Laut, Nyata atau Ilusi Optik?

Kompas.com - 12/05/2019, 20:30 WIB
Air terjun dalam laut pulau Mauritius Air terjun dalam laut pulau Mauritius

KOMPAS.com - Air terjun yang jatuh dari tebing tinggi hingga dijadikan sebagai tempat wisata merupakan pemandangan indah di daratan. Namun, bagaimana dengan air terjun di dalam laut?

Ya, sebuah pemandangan unik bisa kita saksikan di kepulauan Mauritius, Samudra Hindia.

Jika mengingat laut berisi air dan begitu pula dengan air terjun, rasanya fenomena di Mauritius itu hal yang mustahil bukan?

Fenomena yang terjadi di Samudra Hindia itu memang bukan sesuatu yang nyata, melainkan ilusi optik.

Baca juga: Jauh di Dalam Laut, Hidup Hewan Pembantu Penyaring Plastik

Untuk mngetahui ilusi optik yang terjadi, kita perlu mengenai pulau Mauritius itu sendiri. Mauritius adalah salah satu pulau termuda di Bumi yang terbentuk oleh aktivitas vulkanik.

Pulau tersebut berada di atas Dataran Tinggi Bawah Laut atau dikenal dengan istilah Shelf Ocean. Shelf ocean ini memiliki kedalaman 150 meter di bawah permukaan laut.

Selain itu, di Mauritius juga terdapat wilayah yang disebut dengan drop-off, titik tepi shelf ocean tadi. Kedalaman drop-off diperkirakan lebih dari 4.000 meter di bawah permukaan laut.

Lokasi inilah yang kita lihat sebagai tempat terjadinya air terjun di dalam lautan. Lalu, apakah yang terlihat seperti air terjun itu?

Air terjun dalam laut Air terjun dalam laut

Merangkum dari Science Blog, yang terlihat seperti air terjun tersebut adalah pasir. Pasir dari pantai Mauritius dipaksa jatuh oleh arus laut.

Pasir yang memasuki kedalaman laut yang lebih gelap membuat efek air terjun ini terlihat seperti nyata.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X