Mirip Iron Man, Hewan Mungil ini Berbaju Zirah Logam Alumunium

Kompas.com - 11/05/2019, 10:08 WIB
Hirondellea gigas, amphipod berzirah aluminium. Daiju AzumaHirondellea gigas, amphipod berzirah aluminium.

KOMPAS.com – Baju zirah pelapis dari logam untuk manusia mungkin hanya ada di ranah sains fiksi, seperti milik Tony Stark, sang Iron Man. Namun, ternyata di alam ada juga hewan yang sanggup menciptakan “baju pelindung” logamnya sendiri.

Hewan ini bernama latin Hirondellea gigas yang merupakan amphipod, hewan krustasea mirip udang yang hidup di perairan dalam.

Hewan ini pertama kali ditemukan lewat spesimen yang dikoleksi dari dasar Challenger Deep di Palung Mariana, dengan kedalaman lebih dari 10.000 meter di bawah permukaan laut.

Peneliti mengamati bahwa hewan ini memiliki cangkang yang unik, di mana lapisan gel aluminium hidroksida menutupi permukaan eksoskeletonnya.

Baca juga: Butuh Rumah Baru, Kelomang Tempati Cangkang Teman yang Sudah Mati

Hal ini merupakan temuan yang tidak diduga sebelumnya, terutama karena aluminium jarang ditemukan di air laut, sehingga sulit digunakan untuk membentuk cangkang. Meski demikian, aluminium dapat diperoleh di dasar sedimen lautan.

Untuk mengetahui bagaimana H. gigas memperoleh aluminium, tim periset memaparkan sedimen yang diambil dari Challanger Deep pada senyawa kimia di tubuh hewan ini.

Berdasarkan studi tersebut, didapatkan temuan bahwa dalam kondisi asam, sisa material nabati yang biasa dikonsumsi hewan ini dapat bereaksi dengan sedimen kaya logam sehingga membebaskan ion aluminium.

Saat ion aluminium dilepaskan dan mengalami kontak dengan air laut yang basa, maka ion akan mengalami transformasi menjadi gel aluminium hidroksida, yang melapisi cangkang hewan tersebut.

Keberadaan cangkang berlapis logam aluminium hidroksida ini diduga sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi ekstrim di kedalaman laut, yakni tekanan tinggi, suhu rendah, dan tingkat keasaman yang tinggi, sehingga menyebabkan larutnya kalsium karbonat, bahan utama penyusun cangkang krustasea.

Adanya lapisan logam ini dapat menjadikan “baju zirah” aman terhadap berbagai ancaman tersebut, sekaligus melindunginya dari gangguan predator potensial.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal PLOS ONE.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Science
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X