Hamil Muda Tapi Ingin Puasa? Ikuti Panduan Berikut

Kompas.com - 07/05/2019, 17:30 WIB
Ilustrasi hamilHoneyriko Ilustrasi hamil

KOMPAS.com - Anda mungkin bertanya-tanya, apakah saat hamil muda seseorang boleh puasa? Sebenarnya, ini semua tergantung kondisi Anda dan janin.

Bagi sebagian orang mungkin tidak masalah, tapi bagi sebagian lainnya bisa saja hal ini menimbulkan risiko. Jika pun Anda puasa saat hamil muda, sebaiknya tetap penuhi kebutuhan nutrisi penting Anda dan janin.

Apakah boleh puasa saat hamil muda?

Menjalani puasa atau tidak merupakan suatu pilihan bagi ibu hamil. Kemampuan setiap ibu hamil dalam menjalankan ibadah puasa bisa berbeda-beda.

Baca juga: Menurut Dokter Gizi, Ibu Hamil Boleh Berpuasa asal...

Ini tergantung dari kondisi kesehatan secara keseluruhan, tahap kehamilan Anda, dan bagaimana perkembangan kehamilan Anda.

Puasa saat hamil muda mungkin bisa sedikit berisiko bagi Anda. Saat hamil muda, tubuh Anda membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda dalam kandungan.

Hamil muda merupakan tahap di mana kehamilan Anda sedang membutuhkan banyak sekali nutrisi penting. Sehingga, menjalankan puasa pada saat ini mungkin dapat meningkatkan risiko Anda memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Selain itu, dehidrasi karena puasa juga dapat menurunkan fungsi ginjal dan jumlah cairan yang mengelilingi bayi Anda.

Namun, tak sedikit juga penelitian yang melaporkan bahwa puasa saat hamil tidak memengaruhi kesehatan kehamilan dan bayi Anda.

Seperti pada penelitian yang diterbitkan oleh Iranian Journal of Pediatrics tahun 2010 yang menyatakan bahwa wanita hamil yang berpuasa dengan asupan gizi yang tepat tidak memberikan dampak pada pertumbuhan bayinya dan waktu kelahiran bayi.

Jadi, puasa saat hamil muda atau tidak itu semua kembali lagi kepada Anda.

Jika Anda merasa sehat dan kuat, Anda bisa berpuasa dengan catatan kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda bisa Anda penuhi dengan baik. Hal ini penting untuk mencegah kemungkinan bayi Anda lahir dengan BBLR, prematur, dan kemungkinan buruk lainnya.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X