Waspada Baby Blues Mengintai Ibu Hamil, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Kompas.com - 03/05/2019, 20:32 WIB
Berbagi tugas dengan suami bisa mengatasi baby blues Sky ViewBerbagi tugas dengan suami bisa mengatasi baby blues

KOMPAS.com - Istilah baby blues kerap didengar masyarakat, tapi sindrom apakah itu?

Baby blues merupakan kondisi perubahan psikologis secara mendadak yang dirasakan ibu pasca melahirkan. Ibu merasa sendu, bahagia, sedih, tiba-tiba menangis, cemas, gelisah, kesepian, dan lain sebagainya.

Kondisi ini memang hanya berlangsung sementara, sekitar satu sampai dua minggu setelah melahirkan, namun hal ini tetap harus ditangani dengan serius.

Lantas, bagaimana gejala baby blues dan kenapa hal ini bisa menyerang sebagian kecil ibu baru melahirkan?

Baca juga: Tes Darah Sederhana Dapat Prediksi Risiko Baby Blues

Dr. Ekarini, SpOG dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Jakarta, mengungkapkan ada dua gejala yang bisa menunjukkan seorang ibu mengalami baby blues, yakni bayi tidak dikehendaki dan ibu belum memiliki kesiapan mental untuk mempunyai bayi.

Seperti kita tahu, ibu hamil membutuhkan kesiapan baik secara mental dan fisik.

Jika kebanyakan ibu sangat bahagia ketika mengetahui dirinya hamil, sebagian kecil ada yang merasa kehamilan bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Hal ini bisa karena ibu mengalami perubahan bentuk tubuh, kemudian harus melawan kesakitan saat proses persalinan.

"Nah, bagi beberapa wanita yang tidak siap dengan hal tersebut, dia akan merasa menjadi korban," ujar dokter Eka dihubungi Kompas.com Jumat (3/5/3019).

Eka memberi contoh, ketidaksiapan mental menjadi seorang ibu sangat mungkin dirasakan oleh korban pemerkosaan. Ketika janin di rahimnya makin besar dan mulai menunjukkan kehidupan seperti tendangan, ibu ini sangat mungkin menganggap bayi yang dikandungnya sebagai makhluk asing.

Selain itu, faktor eksternal seperti lingkungan dan keluarga juga bisa menumbuhkan sindrom baby blues. Misalnya, seorang ibu menerima banyak tekanan saat ada di rumah dari keluarga, pekerjaan rumah menggunung yang harus diselesaikan, dan tetap harus mengurus bayi.

Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh wanita hamil?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X