Kompas.com - 29/04/2019, 15:05 WIB
Ilustrasi tidur siang menggunakan hammock petrenkodIlustrasi tidur siang menggunakan hammock

KOMPAS.com - Membayangkan siang hari di kantor setelah istirahat makan siang, sering kali para pekerja mengalami kantuk. Sayangnya, tak banyak perusahaan yang memungkinkan karyawannya melakukan tidur siang.

Apalagi, tidur siang sering dianggap sebagai tanda kemalasan. Namun, tahukah Anda, para ahli menyebut tidur siang justru berpengaruh positif pada performa kerja para pekerja.

Melansir dari Science of people, beberapa penelitian membuktikan bahwa tidur siang mengurangi rasa kantuk sambil meningkatkan fungsi kognitif, kinerja psikomotorik, memori jangka pendek, dan suasana hati.

Tak hanya itu, beberapa penelitian lain juga mengkaitkan tidur siang dengan berbagai manfaat kesehatan.

Baca juga: Ratusan Anggota KPPS Meninggal, Tak Tidur Bikin Tubuh Bak Orang Mabuk

Merangkum dari The Guardian, sebuah peneliti di Inggris menunjukkan bahwa hanya dengan tidur siang singkat sudah cukup untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian lain juga menyebut bahwa tidur siang mengurangi stres dan risiko serangan jantung, dtroke, diabetes, serta obesitas.

Artinya, tidur siang membuat otak Anda bekerja lebih efektif serta tubuh lebih sehat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya baik bagi otak dan tubuh, tidur siang juga bisa meningkatkan mood Anda. Artinya, perasaan Anda akan lebih baik dan bahagia seharian setelah tidur siang.

Tidur siang juga dikaitkan dengan peningkatan sikap positif dan toleransi yang baik terhadap stres. Lebih jauh, tidur siang membuat Anda tidak terlalu lelah hingga bisa lebih mudah tidur nyenyak pada malam hari.

Lama Tidur Siang Ideal

Setelah mengetahui berbagai manfaat kesehatan dari tidur siang, pertanyaan berikutnya adalah berapa lama tidur siang yang ideal?

Melansir dari Healthline, batasan ideal tidur siang adalah 10 hingga 20 menit. Rentang waktu tersebut akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

Lebih dari rentang waktu tersebut, tidur siang memiliki efek berbeda. Misalnya, pada orang yang tidur siang selama 20 hingga 30 menit akan memiliki efek segar saat bangun.

Namun, setelah lama tidur siang lebih dari 30 menit maka itu akan membuat Anda merasa lemas, lamban, pening, dan lebih lelah daripada sebelumnya.

Untuk itu, sebaiknya batasi tidur siang Anda hanya 30 menit saja maksimal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X