Cara Paling Sehat untuk Konsumsi Madu, Menurut Sains

Kompas.com - 23/04/2019, 18:39 WIB
Ilustrasi madu ALLEKOIlustrasi madu

KOMPAS.com - Sejak zaman kuno, madu telah dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang tahan lama. Tak hanya itu, madu juga dulu sering digunakan sebagai obat.

Hal ini membuat banyak orang percaya bahwa madu merupakan salah satu makanan sehat, terlebih jika dibandingkan dengan gula. Namun, benarkah demikian?

Madu Benar-benar Sehat?

Menurut Dana Hunnes, ahli diet senior di Ronald Reagan Medical Center UCLA, menyebut lebah mengumpulkan nektar manis dari tanaman berbunga dan menghasilkan aktivitas enzimatik setelah dikonsumsi.

Lebah kemudian memuntahkannya ke dalam sel-sel madu dan menguapkannya sebagian besar air di dalamnya. Hal itu menghasilkan cairan kental super manis yang disebut sebagai madu.

Baca juga: Peneliti Kanada: Madu Bisa Bantu Pantau Polusi Udara

Rasa manis dari madu berasal dari fruktosa, glukosa, dan air.

Selain itu, ahli diet Jenny Friedman mengatakan bahwa madu juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, elektrolit, enzim, asam amino, dan flavanoid.

"Senyawa ini bertanggung jawab atas beberapa manfaat kesehatan dari madu dan bagian yang membedakannya dengan pemanis lain seperti gula," ungkap Friedman dikutip dari Time, Selasa (16/04/2019).

Manfaat kesehatan yang didapatkan dari madu telah melalui berbagai penelitian. Di antaranya, madu dikaitkan dengan obat untuk gangguan usus, batuk, dan kondisi pernapasan lain.

Madu juga dianggap memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bisa mengobati sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, hingga luka bakar.

Meski terbukti sehat, konsumsi madu secara sembarangan justru bisa menyebabkan masalah kesehatan. Itu karena ada glukosa atau gula di dalam madu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X