Kompas.com - 21/04/2019, 20:17 WIB


KOMPAS.com - Katanya, ngiler saat tidur terjadi karena tubuh kelelahan. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa hal umum yang biasanya jadi penyebab ngiler saat tidur, seperti alergi, radang amandel, atau infeksi sinus.

Untuk diketahui, ngiler saat tidur adalah hal yang sangat normal. Pasalnya, mulut akan terus memproduksi air liur atau saliva, bahkan saat kita tertidur. Nah, penyebab ngiler saat tidur biasanya karena mulut yang terbuka ketika itu.

Saat tidur, otot-otot tubuh rileks, apalagi jika memasuki tahap REM. Otot area mulut pun juga sama, sehingga mungkin saja Anda tertidur dalam posisi mulut yang terbuka.

Mulut terbuka saat tidur juga biasanya disebabkan karena tubuh ingin mendapatkan lebih banyak oksigen, sehingga dengan otomatis Anda bernapas dari mulut. 

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Dibanding Kaki?

Air liur yang terus-terusan diproduksi tersebut tidak bisa tertelan semua karena Anda tertidur, akhirnya air liur terumpuk di mulut dan malah keluar, alias Anda mengiler.

Jadi apakah lelah penyebab ngiler saat tidur?

Sebenarnya, kelelahan tidak bisa dibilang jadi penyebab langsung ngiler saat tidur. Lagi-lagi, ngiler saat tidur adalah hal yang umum terjadi, bahkan pada Anda yang tidak kelelahan sekali pun.

Namun, orang yang kelelahan lebih sering mengalami hal ini. Pasalnya, kelelahan bisa menandakan bahwa Anda sedang stres, depresi, atau bahkan akibat kekurangan tidur selama ini. Nyatanya, berbagai kondisi tersebut yang memicu ngiler saat tidur.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa jika kelelahan bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut dengan teror tidur. Nah, salah satu gejala teror tidur adalah ngiler saat tidur.

Cara mengobati ngiler akibat kelelahan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.