Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Dibanding Kaki?

Kompas.com - 12/04/2019, 20:27 WIB
Ilustrasi kuku sehat Dmitrii KotinIlustrasi kuku sehat


KOMPAS.com - Selama ini orang berpikir pertumbuhan kuku tangan dan kaki memiliki waktu yang sama. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki?

Sebelum membahas alasan mengapa kuku jari tangan tumbuh lebih cepat dibanding kuku jari kaki, kita perlu memahami dulu bagaimana mekanisme pertumbuhan kuku yang sebenarnya.

Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya yang sangat sedikit. Kuku terdiri dari protein yang disebut keratin, yang juga terdapat pada kulit dan rambut.

Setiap kuku mulai tumbuh dari sebuah kantong kecil yang berada di bawah kulit, yang disebut matriks kuku. Matriks kuku ini akan terus-menerus membuat sel baru dan mendorong sel yang lebih tua ke atas dan keluar ke arah ujung jari dari tempelan kecil kulit di bawah kuku yang disebut nail bed.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Ada Orang Hilang Ingatan Setelah Mabuk Alkohol?

Lunula adalah garis berwarna keputihan yang mungkin bisa Anda lihat di bagian bawah kuku.

Jika Anda tidak melihat lunula Anda, jangan khawatir. Sebenarnya lunula berada tepat di bawah kutikula Anda. Bahkan beberapa orang dengan kuku yang lebih kecil mungkin hanya bisa melihatnya jika menggunakan kaca pembesar.

Pertumbuhan kuku jari tangan 3x lebih cepat dibanding kuku jari kaki

Ahli dermatologi mengungkapkan pertumbuhan kuku tangan tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan kuku kaki.

American Academy of Dermatology mengatakan, kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm perhari. Itu berarti kuku tangan tumbuh sebanyak 3 mm dalam sebulan.

Menurut para ilmuwan, hal ini karena jari-jari tangan digunakan jauh lebih sering daripada kuku kaki. Nah, hal inilah yang memicu pertumbuhan kuku tangan lebih cepat dibanding kuku kaki.

Selain itu, ada pula ilmuan yang mengatakan jari kuku tangan lebih cepat panjang dibanding jari kuku kaki karena kuku jari tangan lebih dekat dengan jantung, sehingga kuku jari tangan mendapatkan sirkulasi aliran darah yang lebih baik dibandingkan kuku jari kaki.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X