Sering Bikin Tubuh Terasa Ringan, Buang Air Besar Bisa Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 10/04/2019, 16:04 WIB
Ilustrasi buang air kecil iStockphotoIlustrasi buang air kecil

KOMPAS.com - Setelah diolah, dicerna, dan diambil semua gizinya, sisa-sisa makanan akan dikeluarkan oleh tubuh saat buang air besar (BAB). Nah, katanya setelah BAB berat badan bisa turun.

Maka itu, banyak yang menyimpulkan bahwa dengan BAB bisa menurunkan berat badan. Namun, apakah berat badan yang turun akan stabil setelah BAB? Apakah cara ini efektif untuk menurunkan berat badan?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama Anda perlu mengetahui seberapa banyak feses yang dibuang oleh tubuh pada kondisi normal. Rata-rata, Anda mengeluarkan 100-250 gram feses saat buang air besar.

Dibutuhkan waktu kurang-lebih 33 jam sejak makanan dicerna hingga dikeluarkan dari tubuh Anda.

Baca juga: Buang Air Kecil Semakin Sering Saat Udara Dingin, Ini Penjelasannya

Namun, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi berat feses setiap orang. Orang yang makan dan minum lebih banyak atau yang lebih jarang buang air besar biasanya mengeluarkan feses yang lebih besar dan padat.

Faktor lainnya adalah ukuran tubuh, kebiasaan makan, dan seberapa banyak air yang Anda minum.

BAB memang dapat mengurangi beberapa ratus gram dari total berat badan Anda. Namun karena jumlahnya yang sedikit, cara ini tidak bisa dianggap sebagai metode menurunkan berat badan.

Jika demikian, mengapa perut Anda terasa begitu ringan setelah buang air besar?

Ternyata, Anda tidak hanya mengeluarkan feses saat buang air besar. Anda juga mengeluarkan gas yang dihasilkan oleh bakteri pembusuk feses.

Gas ini sering kali membuat perut Anda terasa penuh. Inilah sebabnya perut Anda terasa jauh lebih lega dan nyaman setelah buang air besar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X