Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dada Panas, Sakit Apa? Jantung, Cedera Otot, atau Asam Lambung?

Kompas.com - 02/04/2019, 13:00 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Banyak orang mengalami kebingungan tentang gejala penyakit yang dialaminya. Celakanya di era digital, banyak orang mengatasinya dengan googling dan berakhir dengan kesimpulan yang salah.

Salah satu gejala yang sering dibingungkan orang adalah dada panas. Di internet, dada panas bisa berarti asam lambung, jantung, dan cedera otot dada. Nah, mana yang benar?

Konsultas gastroenterologi hepatologi dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr Hendra Nurjadin Sp PD KGEH mengungkapkan, dada terasa panas adalah ciri khas dari naiknya asam lambung.

"Cairan asam dari lambung kita itu pH -nya 2-4. Sangat asam. Saat dia naik, maka akan mengiritiasi katup antara kerongkongan dan lambung dan naik ke atas. Makanya menimbulkan rasa panas di dada," katanya.

Baca juga: Penyakit Asam Lambung Makin Umum, Apa Sebabnya?

Gangguan pada jantung sama sekali tidak menimbulkan rasa panas di dada. "Yang ada adalah rasa nyeri, sepeerti ditusuk dan tembus hingga ke belakang," ungkapnya.

Sementara, cedera otot bisa saja menimbulkan rasa panas di dada. Namun, biasanya yang lebih dominan adalah rasa sakit saat melakukan gerakan yang melibatkan otot dada, misalnya mengangkat tangan.

Dalam diskusi bertema gangguan pencernaan yang diadakan RSPI pada Jumat (29/3/2019), Hendra mengungkapkan bahwa orang harus memperhatikan pola makan dan gaya hidup untuk menghindari asam lambung.

Ia menuturkan, naiknya asam lambung berkepanjangan bisa memicu keparahan. Asam lama kelamaan bisa mengakibatkan luka di katup antara lanbung dan kerongkongan serta bagian kerongkongan sendiri.

Äsam bisa mengiritasi terus-menerus, mengakibatkan luka. Ini membuat sel berubah sifat dan bisa menjadi sel kanker," jelasnya.

Untuk mencegah asam lambung, konsumsi makanan yang pedas, mengandung kafein tinggi seperti kopi dan teh, serta lemak tinggi seperti gorengan, harus dikendalikan.

Baca juga: Halo Prof! Apa Sih Bedanya Sakit Maag dengan GERD?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com