Apakah Astronot Perlu Tabir Surya?

Kompas.com - 26/03/2019, 20:06 WIB
Astronot asal Belanda Andre Kuipers melambaikan tangan setelah mendarat di Dzhezkazgan pada 1 Juli 2012. AFP/MIKHAIL METZELAstronot asal Belanda Andre Kuipers melambaikan tangan setelah mendarat di Dzhezkazgan pada 1 Juli 2012.

KOMPAS.com - Seperti cahaya, matahari juga mengeluarkan gelombag elektromagnetik yang disebut dengan sinar UV. Pada level tertentu, gelombang ini baik untuk tubuh.

Namun, jika tubuh menyerap terlalu banyak radiasi dari sinar UV bisa menimbulkan efek merusak bagi DNA hingga memicu kanker kulit.

Untuk meghindari efek merusak itu, kebanyakan orang menggunakan tabir surya. Namun, kemudian yang menjadi pertanyaan bagaimana dengan para astronot?

Tinggal di luar angkasa berarti lebih dekat dengan matahari. Apalagi beberapa astronot melakukan spacewalk hingga berjalan di bulan yang tidak memiliki penghalang ozon.

Baca juga: NASA: Perjalanan Antariksa Bikin Para Astronot Terserang Virus Herpes

Artinya, tempat kerja para astronot itu penuh dengan radiasi ulraviolet. Lalu, apakah mereka juga membutuhkan tabir surya?

Tapi Anda bisa tenang, Neil Armstrong maupun koleganya, tak perlu tabir surya untuk menghalau radiasi UV. Mereka terlindungi oleh pakaian luar angkasa yang dikenakan.

Sebagai informasi, pakaian antariksa dibuat dengan kain tebal yang bisa menghalagi sinar UV. Pakaian itu juga dilengkapi dengan helm tembus pandang.

Merangkum dari How Stuff Works, Selasa (26/03/2019), untuk melindungi kepala astronot dari sinar UV, helm itu dibuat menggunakan polycarbonate yang distabilkan ultraviolet.

Dengan peralatan serba canggih ini, para astronot tidak lagi memerlukan tabir surya.

Meski begitu, ada sebuah kasus astronot yang mengalami sengatan matahari pada tahun 1963. Hal itu didapatkan oleh salah seorang kru Gemini 9 ketika bekerja di bagian luar pesawat antariksanya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X