Kenapa Obat Memiliki Tanggal Kadaluarsa?

Kompas.com - 25/03/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi obat www.shutterstock.comIlustrasi obat


KOMPAS.com - Sejak 1979, Administrasi makanan dan obat AS (FDA) mewajibkan perusahaan farmasi untuk mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada obat yang diresepkan dan dijual bebas.

Tanggal kadaluwarsa obat berbeda dengan tanggal kadaluwarsa susu yang akan basi jika diminum lewat tanggal yang tertera.

Tanggal kadaluwarsa obat adalah tanggal di mana produsen menjamin keamanan dan potensi penuh obat tersebut.

Namun, seberapa lama obat disebut aman dan efektif masih menjadi perdebatan hingga kini.

Baca juga: Uji Praklinis Obat Flu Baru Tunjukkan Kesembuhan 100 Persen

Obat-obatan seperti insulin, nitrogliserin dan antibiotik cair memiliki bahan aktif yang diketahui kurang stabil dari waktu ke waktu, banyak obat mungkin memiliki umur simpan yang jauh lebih lama daripada yang disarankan oleh kemasannya.

"Namun tidak semua orang tahu, sehingga masih banyak didapati masyarakat telepon ke produsen karena khawatir akan dampak yang terjadi jika minum obat lewat tanggal kadaluwarsa," ujar Lee Cantrell, direktur California Poison Control System.

Efektivitas obat pasti dapat menurun seiring waktu, dan hal ini dijelaskan dalam beberapa studi.

Cantrell mengaku pernah memeriksa obat lama yang tersimpan di gudang sebuah apotek, salah satunya anthistamin, penghilang rasa sakit, dan pil diet.

"Obat-obatan itu sudah lewat 40 tahun dari tanggal kadaluwarsa, tapi masih bisa berfungsi," ujar Cantrell yang memuat studinya dalam jurnal JAMA Internal Medicine edisi 2012.

Kemudian studi lain yang dilakukan Cantrell pada 2017 menunjukkan bahwa EpiPens atau auto injector mahal yang dipakai untuk mengobati reaksi alergi berbahaya, masih 84 persen dalam kondisi baik setelah empat tahun lewat masa kadaluwarsa.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X